email : oerban.com@gmail.com

33.2 C
Jambi City
Sabtu, Juni 19, 2021
- Advertisement -

11 Cara Sederhana Agar Tidak Mudah Lupa

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Sahabat,  menjadi orang yang mudah lupa meletakkan barang-barang, lupa apa yang ingin dikerjakan hingga lupa pada nama seseorang kadang-kadang membuat kita kesal. Apalagi ketika dihadapkan dengan kondisi tergesa-gesa, hal ini tentu merepotkan.

Memang, manusia secara alamiah akan mengalami penurunan daya ingat di usia memasuki tua, namun, banyak orang yang merasa cepat lupa bahkan dalam usia muda loh. Berdasarkan penelitian, hal ini disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari pola hidup yang tidak sehat hingga kondisi tubuh yang sedang tidak fit, hingga penyakit tertentu.

Namun kamu tidak perlu khawatir, kondisi ini mungkin dapat diperbaiki. Dikutip dari Menshealth.com, berikut beberapa cara sederhana agar kita terhindar dari mudah lupa.

Makan sayuran 

Sayuran hijau tidak hanya memberikan nutrisi penting seperti protein, zat besi, dan serat, tetapi juga baik untuk otak Anda. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology mengklaim bahwa makan satu hingga dua porsi sayuran hijau sehari meningkatkan memori dan kemampuan kognitif Anda secara keseluruhan.

Minum air Putih

Delapan gelas air sehari membuat bayang-bayang pergi ke dokter, dan daya ingat Anda bekerja dengan baik! Menurut tinjauan 2010, air – atau kekurangan air (dehidrasi AKA) – pasti dapat mempengaruhi kognisi. Hal ini terutama terjadi pada konsentrasi, kewaspadaan, dan ingatan jangka pendek. Jadi minumlah air putih yang cukup.

Makan ikan

Baca juga  JAGA KESEHATAN DENGAN SHOLAT

Dr. Dow seorang ahli kesehatan menunjukkan bahwa omega-3 dalam ikan luar biasa untuk daya ingat. “Tidak seperti sumber omega-3 nabati, ikan mengandung DHA,” jelasnya. “Inilah yang saya sebut omega-3 ‘berpikir lebih baik’, karena ini terkait dengan memori. Jika Anda seorang vegan, dia menyarankan untuk mencari DHA berbasis alga.

Kurangi waktu menonton televisi

Baca juga  3 Perbedaan Ramadhan di Masa Pandemi dan Sebelumnya

Dr. Dow menunjukkan penelitian menunjukkan bahwa segala sesuatu mulai dari bepergian hingga berkebun dikaitkan dengan ingatan yang hebat. Namun, menonton televisi hanyalah satu-satunya hal yang dikaitkan dengan orang yang akan membuat daya ingatnya menumpul. Dengan kondisi saat ini, barangkali menonton televisi sama seperti kita bermain sosial media sepanjang hari.

Masak dengan minyak zaitun

Karena lemak tak jenuh tunggal dan antioksidannya yang tinggi, minyak zaitun adalah juaranya, kata Dr. Dow. Dia menyarankan menggunakan extra virgin untuk salad dan persiapan dingin dan minyak zaitun ringan atau polos untuk memasak, karena lebih stabil pada suhu tinggi.

Turunkan kolesterol Anda

Penelitian telah menemukan bahwa diet tinggi kolesterol dan tinggi lemak dapat berkontribusi pada penyakit Alzheimer pada usia yang lebih dini. Namun, Gunnar Gouras, MD, menunjukkan bahwa penelitian juga menemukan bahwa statin obat resep penurun kolestrol, dapat menurunkan risiko pengembangan DA. Sementara lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk mengonfirmasi kaitannya, dia menunjukkan bahwa diet yang lebih rendah lemak jenuh dan gula memiliki begitu banyak manfaat lain, diantaranya meningkatkan daya ingat.

Mainkan permainan otak

Sebuah studi 10 tahun baru-baru ini di jurnal Alzheimer’s & Dementia menyarankan memainkan permainan pelatihan “pemrosesan cepat”, Double Decision , yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan bernama PositScience, selama satu jam, tiga hari seminggu, sebenarnya dapat melindungi otak dari demensia.

Berlari sprint

Baca juga  Deretan Kulit Buah dan Sayur yang Jarang Diketahui Manfaatnya

Menurut sebuah penelitian tahun 2007 , olahragawan yang menambahkan kecepatan pada latihan mereka melalui dua sprint 3 menit, menghafal kata-kata baru 20% lebih cepat daripada mereka yang tidak melakukannya. Ini mungkin karena latihan kardiovaskular meningkatkan aliran darah, memicu pertumbuhan di bagian hipokampus yang bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran verbal.

Kurangi konsumsi gula

Baca juga  4 MAKANAN SEHAT INI TERNYATA BERBAHAYA

Tidak ingat di mana Anda meletakkan kunci Anda? Salahkan saja kue manis yang anda makan itu. Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, peningkatan kadar gula darah merusak memori jangka panjang dan pendek kita

Cukup tidur

Kurang tidur dapat memengaruhi ingatan Anda. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa kelelahan bahkan dapat membuat Anda mengingat hal-hal yang tidak pernah terjadi. Untuk memaksimalkan ingatan Anda, usahakan untuk menutup mata selama 8 jam setiap malam.

Latih literasi Anda

Penelitian telah menemukan bahwa membuat catatan atau tulisan – frasa yang mengandung bunyi konsonan berulang dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda. Dalam sebuah penelitian, subjek membaca puisi dan prosa dengan tenang dan keras. Belakangan, mereka mengingat bagian-bagian yang mengandung frasa aliteratif jauh lebih baik daripada yang lain. 

Itulah beberapa cara dari website kesehatan tentang cara untuk menghindarkan diri dari kebiasaan lupa. Jika dengan menerapkan hal-hal diatas juga tetap membuat anda tetap lupa, cobalah untuk menata kembali hidup anda atau coba menghubungi dokter.

Editor : Renilda Pratiwi

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru