email : [email protected]

24.5 C
Jambi City
Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisement -

3 Tips Mengatur Waktu Ala Maudy Ayunda

Populer

Oerban.com – Salah satu skill yang perlu dimiliki seseorang untuk menggapai kesuksesan adalah mampu mengatur waktu dengan baik. Ini begitu penting, sebab dalam mencapai kesuksesan banyak sekali aktivitas yang perlu dikelola dan dimaksimalkan sedemikian rupa.

Maudy Ayunda, seorang selebriti terkenal yang memiliki segudang prestasi dan merupakan tokoh inspiratif membagikan tips tentang cara mengatur waktu agar lebih produktif. Tips ini ia berikan lewat akun YouTube pribadinya ‘Maudy Ayunda’ dengan judul “Thoughts on Priorities”. Berikut tips mengatur waktu ala Maudy Ayunda:

  1. Audit yourself

Audit yourself maksudnya ialah melakukan audit atas aktivitas yang telah dilakukan selama seminggu terakhir. Audit ini bertujuan untuk mengevaluasi kembali aktivitas apa saja yang tidak produktif dan menyita waktu.

Misal, dalam seminggu ini ternyata ditemukan beberapa aktivitas yang kurang menunjang goals jangka panjang. Di antaranya seperti menghabiskan waktu berjam-jam di sosial media, scroll tanpa tujuan yang jelas, menonton TV yang sebenarnya sedang tidak diperlukan, dan lain sebagainya.

Dari aktivitas yang telah diaudit tersebut maka kita mulai kembali untuk mengenal diri sendiri atas kecenderungan kebiasaan buruk yang dilakukan dan mulai untuk memperbaikinya.

  1. Learn how to prioritize

Membuat skala prioritas adalah sesuatu yang penting dalam mengatur waktu. Prinsip Pareto menyatakan: “roughly 80% of consequences com from 20% of causes”. Prinsip ini mengingatkan mengapa pentingnya untuk menentukan prioritas karena apa yang dilakukan dari 20% waktu yang dimiliki ternyata bisa memberi dampak yang besar terhadap hidup seseorang.

Untuk menentukan skala prioritas, berikut Eisenhower Matrix yang dapat membantu:

 Kategori 1: urgent & important (mendesak & penting)

Aktivitas pada kategori ini tergolong aktivitas yang diutamakan dan perlu segera dikerjakan.

Baca juga  Kiat-kiat Menghindari ‘Mageran’ Mendadak Saat Sedang Bekerja (Bagian 4)

Kategori 2: less urgent & important (tidak mendesak & penting)

Aktivitas pada kategori ini merupakan aktivitas yang penting namun tidak mendesak untuk dilakukan. Contohnya seperti aktivitas olahraga yang sangat penting bagi kesehatan namun tidak mendesak untuk dilakukan.

Cara menyikapi prioritas pada kategori ini ialah dengan membuat schedule kapan aktivitas tersebut akan dilakukan.

Kategori 3: less important & urgent (tidak penting & mendesak)

Aktivitas pada kategori ini merupakan aktivitas yang tidak penting namun mendesak. Contohnya seperti aktivitas yang berupa tugas-tugas kecil seperti berbelanja, mengirim sesuatu, atau membersihkan rumah.

Aktivitas pada kategori ini bisa dilakukan berkelompok atau minta bantuan (delegasi) kepada orang lain.

Kategori 4: not urgent & not important (tidak penting & tidak mendesak)

Aktivitas pada kategori ini meruupakan aktivitas yang seharusnya ditinggalkan karena aktivitas ini tidak penting bagi tujuan-tujuan yang harus kita gapai.

  1. Do not multitask

Multitasking dihindari dalam manajemen waktu karena akan mengurangi fokus untuk menyelesaikan suatu kegiatan. Multitasking yang disarankan ialah multitasking makro, yaitu berencana melaksanakan lebih dari satu aktivitas dalam jangka waktu tertentu dengan catatan melakukannya tidak secara bersamaan. Berbeda dengan multitasking mikro, mustitasking yang dilakukan secara bersamaan dan bergantian, ini hanya akan memecahkan fokus dan tidak efisien.

Demikianlah 3 tips mengatur waktu ala Maudy Ayunda. Semoga bermanfaat!

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru