email : oerban.com@gmail.com

32.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

5 Makanan Sehat yang Dapat Dikonsumsi Pasca Melahirkan

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Proses melahirkan untuk seorang perempuan sangat penting, selain bertarung antara hidup dan mati, ada banyak tenaga yang terbuang. Namun, pernahkah berpikir, makanan apa yang tepat untuk dikonsumsi seseorang pasca melahirkan?

Dikutip dari laman healthline.com, ada beberapa jenis makanan yang disarankan setelah melahirkan. Berbagai jenis makanan ini akan mengganti sejumlah cairan maupun energi yang habis saat melahirkan. Berikut jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi pasca melahirkan.

Sup ayam

umumnya, wanita akan berkeringat lebih banyak pada minggu-minggu awal setelah melahirkan karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan fluktuasi hormon. Wanita menyusui bahkan membutuhkan satu liter tambahan cairan per hari dibanding wanita yang tidak menyusui. ayam adalah makanan pasca melahirkan yang sempurna. Kaldunya menghidrasi dan asin berguna untuk mengisi kembali elektrolit secara alami. Akan lebih baik jika sup ayam tersebut dibuat sendiri, sehingga dapat mengetahui tiap komponen dalam sup tersebut.

Oatmeal dan buah 

Oatmeal adalah karbohidrat yang relatif lunak dan lembut untuk mengisi kembali simpanan glikogen yang aus dengan 4 hingga 6 gram. Taburi dengan buah segar atau kering untuk kebaikan ekstra yang sehat.

Kelebihan lain dari oatmeal adalah dikenal sebagai galactagogue, makanan yang diduga meningkatkan suplai ASI. Meskipun hal ini belum dibuktikan dalam penelitian, kombinasi karbohidrat, zat besi, dan kalori menjadikannya pilihan yang baik untuk menghasilkan ASI.

Dendeng Sapi

Baca juga  6 Jenis Makanan yang dapat Memicu Timbulnya Jerawat

Kebanyakan wanita mengalami pendarahan selama berhari-hari, terkadang berminggu-minggu setelah melahirkan. Oleh karena itu, kekurangan zat besi dapat mengganggu pemulihan dan suplai ASI.

Beberapa dendeng sapi buatan sendiri akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan 2,2 miligram zat besi per porsi 2 ons, ditambah natrium untuk membantu memulihkan keseimbangan elektrolit, ini adalah cara mudah untuk memperbaiki protein pasca melahirkan.

Telur

Baca juga  6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Telur adalah sumber protein penting untuk membantu menenangkan otot-otot yang sakit yang benar-benar berkontraksi tanpa henti selama proses melahirkan.

Telur yang dikonsumsi bersamaan dengan jenis makanan kaya manfaat, lebih baik lagi karena akan mendapatkan manfaat tambahan dari lemak omega-3 yang meningkatkan otak. Penelitian telah menemukan tingkat omega-3 yang rendah dan depresi pasca melahirkan dapat ditanggulangi dengan mengkonsumsi telur.

Apel

Pasca melahirkan Anda mungkin kesulitan untuk ke kamar mandi. Bahkan untuk membersihkan gigi anda. Apel manis yang berair dapat menjadi alternatif untuk membersihkan lapisan karang gigi. Meskipun makan apel bukanlah pengganti menyikat gigi namun hal itu dapat mengurangi kelangsungan hidup bakteri saliva dengan cara yang mirip dengan menyikat gigi. Itulah beberapa makanan sehat yang tepat dikonsumsi pasca melahirkan.

Editor : Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru