email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Aliyev Terpilih Kembali Sebagai Presiden Azerbaijan dengan Perolehan Suara Lebih dari 90%

Populer

Baku, Oerban.com – Kepala komisi pemilihan Azerbaijan mengkonfirmasi pada Kamis (8/2/2024) bahwa Ilham Aliyev telah memenangkan kembali pemilihan presiden dengan memperoleh lebih dari 90% suara.

Aliyev telah menjadi presiden Azerbaijan sejak 2003, ketika ia mengambil alih dari ayahnya, Heydar. Dia tetap sangat populer dan secara rutin menerima lebih dari 85% suara dalam pemilihan.

Kantor berita negara AZERTAC mengutip Mazahir Panahov, ketua komisi pemilihan, yang mengatakan bahwa Aliyev telah menerima 92,05% suara, dengan lebih dari 93% suara dihitung. Para pejabat mengatakan jumlah pemilih hari Rabu (6/2/2024) sekitar 76%.

Baca juga: Turki Dukung Pembicaraan Damai Azerbaijan dan Armenia

Runner-up, seorang anggota parlemen yang setia kepada Aliyev, menerima sedikit lebih dari 2%.

Azerbaijan tidak akan mengadakan pemilihan presiden sampai 2025, tetapi Aliyev memajukan pemungutan suara setelah Azerbaijan merebut kembali kendali atas wilayah Nagorno-Karabakh yang memisahkan diri pada bulan September.

Karabakh, yang diakui secara internasional sebagai bagian dari Azerbaijan, diduduki oleh pasukan etnis Armenia sejak perang panjang pada awal 1990-an. Pasukan pendudukan bersama dengan mayoritas penduduk melarikan diri setelah pasukan Azerbaijan membangun kembali kendali.

Bagi Azerbaijan, kemenangan itu adalah kemenangan yang menggembar-gemborkan apa yang disebut presidennya sebagai “era baru” bagi negaranya. Armenia, bagaimanapun, menyebut kekalahan itu sebagai tragedi nasional dengan lebih dari 120.000 orang dilaporkan mengungsi.

Sumber: Daily Sabah

Baca juga  Turki Puji Azerbaijan karena Menolak Menghadiri Pertemuan Karabakh
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru