AMAL SHOLEH SESUDAH MENINGGAL DUNIA

oleh
ilustrasi (sumber photo : bacaanmadani.com)

Oleh : NENI SUMARNI

Sebenarnya tujuan kita hidup hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Kemudian siapa saja yang mengikuti perintah dan larangan yang Allah turunkan, akan mendapatkan balasannya. Balasannya berupa syurga ataupun neraka. Mari berlomba-lomba dalam mengapai syurganya Allah. Teruslah memperbaiki diri. Terkadang dalam mencapai tujuan hidup dalam perjalanan selalu ada ganguan. Namun ganguan tersebut harus kita lewati. Ada halangan dan rintangan yang harus kita lewati, bahkan ada yang tidak mampu menahan segala halang dan rintangan sehingga memillih jalan hidup yang lainnya.

Jika dalam diri kita sudah bersungguh-sungguh untuk menjadi hamba yang taat kepada Allah. Sudah memantapkan dalam hati hanya ingin mendapatkan imbalan dari Allah. Lalu, amal apa yang sudah kita persiapkan untuk memperoleh syurganya Allah. Jika belum menyiapkan, mari mulai dari sekarang menyiapkan amal untuk mendapatkan syurganya Allah. Amal yang dapat menambah pahala orang yang telah meninggal dunia. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadist Rasulullah dalam buku berjudul fiqh wanita karangan Syaikh Kamil Muhamad Uwaidah hal 237 sebagai berikut:
Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga hal, yaitu: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang senantiasa mendoakannya.”(HR. Muslim, Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Ketika orang tua yang memiliki anak sholeh dan sholehah bisa hafal qur’an bisa menjadi penolong nantinya. Ataupun dalam hal lain seperti kita membangun sekolah, rumah sakit, masjid dan membagikan mushaf dengan kaum muslimin dengan niat ingin membantu orang lain. Maka, akan ada pahala yang terus mengalir disana. walaupun kita sudah meninggal dunia. Insya Allah sekecil apapun kebaikan yang kita berikan kepada orang lain akan ada balasannya dari Allah Swt.