email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

Atasi Limbah Minyak Jelantah dan Kulit Kopi, Tim PKM Dosen FST UNJA Gelar Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi di Desa Mukai Pintu Kabupaten Kerinci

Populer

Kerinci, Oerban.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Jambi yang diketuai Ir. Edwin Permana, ST, MT, IPM, ASEAN Eng dengan anggota Drs. Nelson, M.Si, Daniel Arsa, S.Kom,M.S.I Martina Asti Rahayu. S.Pd, M.Si dan Khairul Alim, M.Si dan juga melibatkan beberapa mahasiswa dari Program Studi Kimia dan Kimia Industri telah melaksanakan kegiatan PKM dosen yang berlokasi di Desa Mukai Pintu, Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci.

Pada Kegiatan PKM dosen ini yang mengusung judul “Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi Kulit Kopi Berbasis Minyak Jelantah di Desa Mukai Pintu Kabupaten Kerinci”. Memperkenalkan metode inovatif dalam rangka mengatasi limbah rumah tangga dan perkebunan yang dapat mencemari lingkungan.

Kegiatan ini mendapat restu dan dukungan dari kepala desa, kegiatan ini sangat berarti bagi masyarakat desa hal ini dibuktikan dengan keantusiasan oleh masyarakat desa setempat dari semua kalangan dari ibu-ibu PKK, bapak-bapak, dan pemuda pemudi Desa Mukai Pintu yang mengikuti kegiatan.

Mat Tambun selaku kepala desa mengatakan “Potensi Limbah Minyak Jelantah dan limbah kulit kopi yang sangat banyak di mana limbah ini belum dapat dimanfaatkan sehingga ditakutkan akan memberi dampak pada lingkungan”.

“Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan dapat menjawab permasalahan limbah dari rumah tangga dan limbah hasil perkebunan yang terjadi berfokus pada minyak jelantah dan kulit kopi dapat diatasi sehingga tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar,” ungkap Ir. Edwin Permana, ST, MT, IPM, ASEAN Eng selaku ketua.

Minyak jelantah dapat dimanfaatkan menjadi lilin sehingga produk tersebut menjadi nilai tambah (added value) dan juga pemanfaatan limbah kulit kopi di Kerinci sebagai aromaterapi. Sehingga dapat menjadikan produk lilin aromaterapi produk unggulan dari daerah tersebut.

Baca juga  Atasi Limbah Makanan yang Terbuang, Begini Kebijakan yang akan Diterapkan Uni Eropa

Lilin aromaterapi merupakan lilin yang mengandung bahan pewangi yang dapat digunakan sebagai refreshing dan relaxing. Lilin aromaterapi dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk menghilangkan stres dan kecemasan. Lilin aromaterapi dalam pembuatannya menggunakan beberapa bahan dan salah satunya menggunakan minyak essential yang memiliki wangi aromaterapi.

Potensi tersebut dapat dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga untuk menghasilkan ekonomi kreatif. Ibu-ibu PKK di Desa Mukai Pintu dapat menjadikan minyak jelantah ini menjadi lilin aromaterapi dan dapat menjadikan sumber alternatif tambahan penghasilan. Hal ini dapat dilakukan ibu-ibu PKK dengan mudah dan dapat dilakukan di rumah masing-masing nantinya.

Editor: Ainun Afifah

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru