email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

AYO HIDUP SEHAT

Populer

Jambi, oerban.com – Jumat (31/1) Semua orang tentu ingin sehat dan terhindar dari penyakit. Hal tersebut dengan sehat kita dapat melakukan aktivitas yang kita inginkan. Mungkin kalimat ini tidak asing kita dengar Mensana Incorpore Sano “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Kalimat tersebut diterjemahkan jelas oleh Prof. Dr. Damarjati Supardjar, ahli filsafat UGM (Universitas Gajah Mada) bahwa, untuk menjadi “ada jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat” diperlukan sebuah doa dengan pengharapan yang artinya ada usaha untuk meraihnya.

Menjaga kesehatan tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari. Gaya Hidup sehat adalah aktivitas yang dilakukan berulang-ulang dengan tujuan menjaga keseimbangan dan fungsi tubuh agar berjalan dengan baik. Untuk menerapkan pola hidup sehat adalah dengan menjaga asupan makanan sehat dengan gizi seimbang, selain itu melakukan kegiatan positif yang mendukung hidup sehat sehat, seperti berolahraga ,menghindari stres dan masih banyak hal lainnya.

Menurut WHO (World Health Organization), pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor resiko kesehatan global yang utama. Apalagi dengan kemajuan teknologi pangan, produksi makanan olahan semakin meningkat karena teknologi, Karena kemudahan teknologi memudahkan menciptakan gaya hidup tidak sehat akibatnya tubuh rentan terserang penyakit.

Cara pola hidup sehat harus mulai dijalani untuk mendapatkan hidup yang berkualitas,

Pertama, makan dan minum sehat dan berimbang, seperti untuk menu sarapan coba kita biasakan untuk menerapkan mengonsumsi prebiotik dan probiotik. Indonesia kaya akan probiotik, seperti acar, tape, tempe dan kacang-kacangan. Dan untuk prebiotik salah satunya adalah, kurma, pisang, gandum. Untuk minumnya cukup minum air putih. Hal tersebut sangat menjaga usus tetap sehat karena aktivitas yang baik dari prebiotiK dan probiotik jika kita menerapkannya.

Kedua kurangi konsumsi garam, seperti makanan ringan yang tinggi akan garam. Konsumsi garam yang baik adalah satu sendok teh per hari

Ketiga olahrga yang teratur. Tidak harus aktivitas fitness, olahraga ringa seperti berlari-lari di tempat 5 menit, bersepeda dan lain-lain.

Keempat, Cukupkan kebutuhan cairan. Aktivitas yang terus dilakukan mengakibatkan tubuh butuh asupan cairan untuk memperlancar aktivitas rutin yang dilakukan salah satunya, mengonsumsi air putih setidaknya 6-8 gelas per hari.

Kelima, Berjemur untuk asupan vitamin D waktu yang baik pukul 8 – 10 pagi.

Keenam,Hindari stres dan istrirahat yang cukup.

Oleh karena itu, menjaga pola hidup sehat sangatlah penting, hal tersebut merupakan investasi sehat di akan mendatang yang akan dirasakan nantinya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru