email : [email protected]

23.5 C
Jambi City
Selasa, Maret 5, 2024
- Advertisement -

BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KINI DIANGGAP KURANG PENTING

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Makin kompleknya persoalan yang dihadapi dunia pertanian justru tidak disikapi dengan baik oleh pemerintah daerah. Hal ini dilihat makin tidak diperhatikannya perangkat-perangkat yang mendukung kemajuan dunia pertanian, salah satunya adalah Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Rabu, 15/05/2019.

Hal tersebut terungkap saat pertemuan Kepala Badan PPSDMP Dr. Momon Rusmono dengan penyuluh yang sedang mengikuti pelatihan dasar di BPP Jambi. Salah seorang peserta mengungkapkan bahwa BPPnya sudah tidak mendapatkan anggaran lagi dari pemerintah daerah. Yang ada hanya biaya listrik dan air, sementara biaya operasional yang mendukung tugas BPP sudah tidak dianggarkan.

“Yang ada hanya biaya listrik dan air, sementara biaya untuk mendukung tugas dan fungsi BPP sudah tidak ada lagi, makanya BPP banyak yang tidak terawat dan lahannya terbengkalai, ungkap salah seorang peserta.

Foto bersama peserta pelatihan dengan Kepala Badan PPSDMP, Rabu 15/05/2019 [sumber photo : desyap]
Kondisi seperti ini rata terjadi, hampir sebagian besar BPP sudah tidak memiliki anggaran untuk biaya operasional, perbaikan serta dana pembuatan demontrasi plot. Padahal yang terakhir ini sangat penting bagi eksistensi penyuluhan dilapangan, dimana BPP mesti memiliki lahan untuk menjadi uji teknologi sebelum disampaikan kepada masyarakat.

Kedepan diharapkan semua pihak betul-betul memberikan perhatian kepada BPP proses transformasi teknologi bisa dilakukan dengan cepat.

Disamping keberadaan BPP, penyuluh diminta untuk menghidupkan PUSLUHDES. Penguatan kelembagaan petani yang mengarah pada korporasi, serta meningkatkan profesionalisme penyuluh. (TIM)

Baca juga  DAYA EKSPORT MENINGKAT, BPP JAMBI SIAPKAN SDM MUMPUNI
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru