email : [email protected]

23.4 C
Jambi City
Selasa, Juli 16, 2024
- Advertisement -

BANJIR BANDANG HANTAM AGAM, RATUSAN RUMAH TERENDAM

Populer

Lubuk Basung, Oerban.com – Kecamatan Tanjung Raya dan Palembayan, Kabupaten Agam, dilanda banjir bandang mengakibatkan beberapa rumah hanyut, satu orang tewas, dan puluhan rumah rusak, Kamis (21/11/2019).

Camat Tanjung Raya Handria Asmi, mengatakan bahwa korban sedang pergi ke Danau Maninjau untuk memasang jaring ikan, kemudian korban tergelincir sehingga terperosok ke dalam danau.

“Saat hujan deras, korban pergi ke danau untuk memasang jaring, diduga tergelincir dan korban masuk ke dalam danau”, ungkap Handria.

Tumpukan material akibat longsor menutupi jalan dan rumah, saat ini masih membersihkan warga. Sementara tim gabungan penanggulangan bencana dikerahkan untuk membuka jalan yang tertutup longsor.

“Tim sedang membersihkan lokasi dari timbunan material akibat longsor”, jelas BPBD Kabupaten Agam, Lukman Syahputra.

Longsor dan banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Agam diduga akibat pembalakan liar. Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Erly Sukrismanto.

Erly menjelaskan pihaknya sering melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembabatan kayu. Petugas juga telah memasang plang pengumuman di daerah itu. (dilansir dari kompas.com)

Saat ini masyarakat masih membersihkan sisa-sisa longsoran yang oleh masyarakat setempat disebut Galodo.

Penulis : Majo Lelo
Editor : Siti Saira. H

Baca juga  Banjir Bandang di Afghanistan, 31 Tewas dan Puluhan Warga Hilang
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru