email : oerban.com@gmail.com

28.4 C
Jambi City
Jumat, Agustus 6, 2021
- Advertisement -

Bapeltan Jambi Berhasil Panen Perdana Golden Melon di Lahan Marjinal

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Muaro Jambi, Oerban.com – Salah satu hal yang paling penting dalam menjaga gaya hidup sehat ditengah pandemi wabah covid  19 adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Misalnya dengan mengkonsumsi buah yang kaya akan nutrisi.

Salah satu buah yang banyak mengandung manfaat dan kaya nutrisi bagi tubuh adalah melon. Tak hanya rasanya yang manis dan menyegarkan, buah yang memiliki nama latin Cucumis melo ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium, dan potassium. Melon juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, Vitamin K, folat dan yang tak kalah penting melon tidak mengandung lemak sama sekali

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menghimbau agar pangan masyarakat Indonesia harus sehat dan bergizi. Dari pangan yang sehat dan bergizi maka akan membuat imunitas tubuh yang kuat, otomatis membuat bangsa kita sehat, tutur Dedi.

Baca juga  Siap Tingkatkan Produksi. Petani Kabupaten Merangin Lakukan Peremajaan Karet Seluas 75 Ha

Himbauan Kepala Badan tersebut dijawab oleh Balai Pelatihan Pertanian Jambi dengan melaksanakan panen perdana melon pada hari Jumat, 04 Juni 2021. Panen ini bertepatan dengan kegiatan Jambi Berswara Volume 13 yang mengambil tema Meraup Untung Agribisnis Melon di Lahan Kritis (Panen dan Pemasaran). Adapun varietas melon yang di panen yaitu varietas Golden Melon Alisha F1 dengan umur panen sudah mencapai 70 hari. Ikut hadir dalam kegiatan panen tersebut, Kepala Bapeltan Jambi, Pejabat Struktural, Koordinator Widyaiswara dan Fungsional Widyaiswara.

Dalam sambutannya sekaligus panen perdana melon, Kepala Bapeltan Jambi Zahron Helmy mengaku bangga telah berhasil membudidayakan melon di lahan marginal seperti di jambi ini. Kami dari Bapeltan Jambi telah berhasil mengembangkan tanaman melon di lahan kritis dan sudah kita buktikan dengan kegiatan pemanenan ini, ujar Kepala Balai Pelatihan Pertanian Jambi.

Baca juga  Anggota Komisi IV DPR-RI Minta Petani Modernisasi Cara Bertani

Ini merupakan berita gembira bagi seluruh insan pertanian karena kegiatan budidaya melon dilakukan di lahan kritis (marginal) yang kurang subur sehingga membutuhkan usaha, pengamatan dan biaya yang sangat intensif dalam usaha budidayanya.

Kegiatan budidaya melon di Bapeltan Jambi ini juga dilakukan untuk memelihara instalasi praktek, memotivasi serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia bagi penyuluh dan petani agar terus melakukan usaha tani demi keberlangsungan ketersediaan pangan walaupun dalam kondisi wabah Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol pencegahan. Selain itu budidaya melon ini juga sebagai sarana pengambilan audio visual untuk bahan tayang e-learning Bapeltan Jambi seperti yang terlihat dari kegiatan Jambi Berswara volume 13 tersebut.

Penulis: Wahyudi N

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru