email : [email protected]

24.1 C
Jambi City
Selasa, Juni 25, 2024
- Advertisement -

BAPELTAN JAMBI JARING PETANI MILENIAL MELALUI P4S

Populer

Jambi, Oerban.com – Kementerian Pertanian, melalui Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terus mendorong tumbuhnya Pengusaha Pertanian Milenial.  Program aksi kementerian pertanian untuk  penumbuhan Pengusaha Pertanian Milenial ini selalu didengung dengungkan oleh  Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). (12/02)

Menurut SYL, Seiring dengan Program Kementerian Pertanian (Kementan) untuk penumbuhan pengusaha pertanian milenial, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dalam hal ini Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) akan mendorong terus penumbuhan pengusaha-pengusaha pertanian milenial khususnya melalui Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan dan Swadaya (P4S).

Selain itu, BPPSDMP, dalam hal ini Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) terus mendorong penumbuhan pengusaha pertanian milenial fokus pada produksi pertanian dengan produk kualitas tinggi dan mampu ekspor.

Dalam rangka mendukung program tersebut Bapeltan Jambi yang ini diwakili oleh  Dr Joni Jafri, Msc dalam kunjungan ke Dinas Tanaman Pangan hortikultura dan perkebunan Kabupaten 50 Kota mengatakan bahwa Selama ini, P4S sangat berperan dalam mencetak generasi muda di bidang pertanian dan P4S adalah  pusat tumbuhkembangnya para pengusaha pertanian milenial, dengan sentuhan teknologi dan daya kreasi, serta potensi yang dimiliki P4S ungkapnya di kantor Dinas Tanaman pangan hortikultura dan perkebunan  Kabupaten 50 kota.

Hal ini ini sejalan dengan program Dinas Setempat  yang sedang  mengembangkan cabe keriting, jeruk, manggis  dan buah naga ungkap sekretaris  Dinas  Tanaman Pangan hortikultura dan perkebunan Kabupaten 50 Kota , Mayang Sari eka lisa, SP, MSi.

Selain itu beliau sangat antusias dan siap mendukung program kementerian pertanian melalui peningkatan kapasitas P4S dalam mencetak petani milenial.

Dalam kesempatan tersebut tim Koordinator Bapeltan Jambi Joni Jafri, berkesempatan mengunjungi P4S Ikamaja  dan berkunjung ke petani mienial kelompok tani Salau Indah yang mengembangkan manggis dan saat sedang mencari pasar untuk komoditas manggis, yang mana manggis salah satu komoditas ekspor. Dan selanjutnya ini kita akan kembangkan melalui kooperasi petani ungkap Widyaiswara Madya Bapeltan Jambi ini.

Baca juga  ANTISIPASI MASALAH PANGAN, BPP KECAMATAN SAROLANGUN LAKUKAN GERAKAN TANAM PADI BERSAMA

Beliau juga menambahkan  Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya atau P4S bisa menjadi satu di antara mitra pemerintah dalam membentuk kemampuan SDM petani millenial yang lebih siap berkontribusi produktif di sektor pertanian yang berorientasi pada pasar, dengan menguasai pasar  maka diharapkan akan mampu membangun jejaring-jejaring dengan petani-petani binaanya. Dan disini peran Bapeltan jambi dalam menerjemahkan arah program  kementan yaitu: kooperasi, petani milineal dan ekspor.
 
Penulis: Puji Lestari
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru