email : oerban.com@gmail.com

23.2 C
Jambi City
Jumat, September 17, 2021
- Advertisement -

Bapeltan Jambi Siap Mendukung Penuh Pembangunan Food Estate di Provinsi Jambi

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Muaro Jambi, Oerban.com – Food Estate atau Kawasan Sentra Produksi Pangan merupakan konsep pengembangan produksi pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan yang berada di suatu kawasan lahan yang sangat luas dalam rangka memperkuat cadangan pangan melalui pengembangan lumbung pangan di luar Jawa.

Food Estate diharapkan dapat mengantisipasi krisis pangan dunia akibat pandemi Covid dan sebagai cadangan pangan nasional. Selain itu, program ini juga dilakukan untuk mengantisipasi perubahan iklim dan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor pangan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan bahwa, program food estate merupakan program jangka panjang yang dapat menciptakan lapangan kerja baru di pedesaan. Program ini juga mampu meningkatkan pendapatan keluarga petani dan memastikan ketahanan pangan secara nasional.

Bapeltan Jambi sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pertanian juga ikut terlibat dalam rancangan food estate. Ini dibuktikan dalam kegiatan workshop yang dilaksanakan pada hari Selasa, 08 Juni 2021. Hadir dalam kegiatan workshop antara lain, Asisten bidang perekonomian Setda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kepala Bapeltan Jambi, Kepala Badan Karantina Jambi, dan perwakilan BPTP. Juga ikut hadir dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Badan Ketahanan Pangan, Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum (PU), serta Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga  Kadis Pertanian Kabupaten Siak Panen Perdana Bawang Merah di Desa Rawang Kao

Dalam kegiatan workshop, masing – masing institusi menyampaikan rencana aksi dalam mendukung food estate yang berlokasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan rencananya akan dikembangkan kluster komoditas padi, kopi, kelapa dalam, dan pinang

Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy yang ikut hadir dalam kegiatan workshop menyatakan bahwa Institusinya siap mendukung pembangunan food estate di Provinsi Jambi. Bapeltan Jambi siap mendukung penuh pembangunan food estate di Provinsi Jambi melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian yaitu dengan melaksanakan pelatihan dan pendampingan kepada petugas dan petani di kawasan food estate untuk mendorong peningkatan produksi petani, tumbuh kembangnya petani milenial, meningkatkan jumlah wirausahawan pertanian, petani bermitra serta petani bertaraf ekspor. Selain itu juga untuk mendorong tumbuhnya korporasi petani yg berdampak pada meningkatnya nilai skala ekonomi produk. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di kawasan food estate dan sekitarnya, jelas Kepala Balai.

Baca juga  Olah Lahan Padi Sawah, Kelompok Tani Senandung Harapan Dukung Ketersediaan Pangan

Kegiatan ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang mengatakan bahwa institusinya harus total mendukung Food Estate. Kita akan memastikan pendampingan terhadap petani di lokasi food estate berjalan maksimal, memaksimalkan kinerja BPPSDMP untuk memastikan petani food estate mendapatkan pendampingan, khususnya dalam hal korporasi petani, ujar Dedi.

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru