email : oerban.com@gmail.com

32.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Beberapa Tips Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Kesehatan

Populer

Kota Jambi, Oerban.comAda banyak tulisan yang membahas tentang diet dan cara-cara terbaik untuk menurunkan berat badan,akan tetapi, meskipun diet yang sangat ketat kemungkinan besar akan menghasilkan penurunan berat badan jangka pendek, kebanyakan orang tidak dapat mempertahankannya dan akhirnya menyerah dalam beberapa minggu.

Meskipun kehilangan 10 pon (4,5 kg) dalam seminggu dengan mengikuti mode diet mungkin tampak menggoda, kenyataannya penurunan berat badan seperti ini seringkali tidak sehat dan tidak berkelanjutan.

Kunci nyata untuk penurunan berat badan yang aman dan sukses adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan yang dapat Anda pertahankan seumur hidup.

Dikutip dari laman, healthline.com, berikut kiat-kiat dibawah ini adalah cara yang sehat untuk membuat Anda kembali mendapatkan tujuan jangka panjang, berupa berat badan dan kebugaran Anda.

Konsumsi serat 

Serat ditemukan dalam makanan sehat termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hanya makan lebih banyak makanan kaya serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Kurangi konsumsi gula tambahan

Gula tambahan , terutama dari minuman manis, adalah alasan utama kenaikan berat badan yang tidak sehat dan masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Plus, makanan seperti permen, soda, dan makanan panggang yang mengandung banyak gula tambahan cenderung sangat rendah nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat.

Memotong makanan tinggi gula tambahan adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan berlebih.

Konsumsi lemak sehat

Sementara lemak sering kali menjadi hal pertama yang dipotong ketika Anda mencoba untuk langsing, lemak sehat sebenarnya dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

Faktanya, mengikuti diet tinggi lemak yang kaya akan makanan seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan telah terbukti memaksimalkan penurunan berat badan dalam beberapa penelitian. Terlebih lagi, lemak membantu Anda tetap kenyang lebih lama.

Jangan makan di depan Televisi

Meskipun mengkonsumsi makanan di depan TV atau komputer Anda mungkin tidak tampak seperti hal yang serius. Namun, makan sambil terganggu dapat menyebabkan Anda mengonsumsi lebih banyak kalori dan menambah berat badan.

Makan di meja makan, jauh dari gangguan potensial, bukan hanya cara yang baik untuk menjaga berat badan Anda tetap rendah — tetapi juga memberi Anda waktu untuk berhubungan kembali dengan orang yang Anda cintai.

Smartphone adalah perangkat lain yang harus Anda sisihkan saat Anda sedang makan. Menggulir email atau umpan Instagram atau Facebook Anda sama mengganggunya dengan TV atau komputer.

Berjalan lah

Banyak orang percaya bahwa mereka harus mengadopsi rutinitas latihan yang ketat untuk memulai penurunan berat badan. Berjalan adalah cara yang sangat baik dan mudah untuk membakar kalori.

Bahkan, hanya 30 menit berjalan per hari telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Plus, ini adalah aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan di dalam dan di luar kapan saja sepanjang hari.

Masaklah

Baca juga  Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Mental
Baca juga  Daftar Buah Tinggi Serat yang Baik untuk Kesehatan

Memasak lebih banyak makanan di rumah telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan makan sehat. Meskipun makan di restoran itu menyenangkan dan bisa masuk ke dalam rencana diet sehat, berfokus pada memasak lebih banyak makanan di rumah adalah cara yang bagus untuk menjaga berat badan Anda tetap terkendali.

Terlebih lagi, menyiapkan makanan di rumah memungkinkan Anda bereksperimen dengan bahan-bahan baru yang sehat sekaligus menghemat uang Anda.

Nikmati Sarapan Kaya Protein Protein

Memasukkan makanan kaya protein seperti telur dalam sarapan Anda telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Cukup menukar semangkuk sereal harian Anda dengan orak-arik protein yang dibuat dengan telur dan sayuran tumis dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Meningkatkan asupan protein di pagi hari juga dapat membantu Anda menghindari ngemil yang tidak sehat dan meningkatkan kontrol nafsu makan sepanjang hari.

Jangan minum minuman berkalori 

Sementara kebanyakan orang tahu bahwa mereka harus menghindari soda dan milkshake, banyak orang tidak menyadari bahwa bahkan minuman yang diiklankan untuk meningkatkan kinerja atletik atau meningkatkan kesehatan dapat mengandung bahan yang tidak diinginkan.

Minuman olahraga, minuman kopi, dan air beraroma cenderung sangat tinggi kalori, pewarna buatan, dan tambahan gula.

Bahkan jus, yang sering dipromosikan sebagai minuman sehat, dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika Anda mengkonsumsinya terlalu banyak.

Belanja Cerdas

Membuat daftar belanja dan menaatinya adalah cara yang bagus untuk menghindari membeli makanan tidak sehat secara impulsif.

Plus, membuat daftar belanja telah terbukti mengarah pada makan yang lebih sehat dan mendorong penurunan berat badan.

Cara lain untuk membatasi pembelian yang tidak sehat di toko kelontong adalah dengan makan atau camilan sehat sebelum Anda pergi berbelanja.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pembeli yang lapar cenderung mencari makanan berkalori tinggi dan tidak sehat.

Minum air putih

Minum cukup air sepanjang hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan bahkan dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Satu studi dari lebih dari 9.500 orang menemukan bahwa mereka yang tidak memadai terhidrasi memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi (BMI) dan lebih cenderung menjadi gemuk daripada mereka yang terhidrasi ( 16 ).

Terlebih lagi, orang yang minum air sebelum makan terbukti mengkonsumsi lebih sedikit kalori.

Berlatih makan dengan pelan

Terburu-buru saat makan atau makan saat bepergian dapat menyebabkan Anda mengonsumsi terlalu banyak, terlalu cepat.

Alih-alih, perhatikan makanan Anda, dengan fokus pada bagaimana setiap gigitan terasa. Ini dapat menyebabkan Anda menjadi lebih sadar ketika Anda penuh, mengurangi peluang Anda untuk makan berlebihan.

Berfokus pada makan perlahan dan menikmati makanan Anda, bahkan jika Anda memiliki waktu terbatas, adalah cara yang bagus untuk mengurangi makan berlebihan.

Kurangi Karbohidrat

Karbohidrat olahan termasuk gula dan biji-bijian yang serat dan nutrisi lainnya dihilangkan. Contohnya termasuk tepung putih, pasta dan roti.

Jenis makanan ini rendah serat, dicerna dengan cepat dan hanya membuat Anda kenyang untuk waktu yang singkat. Sebaliknya, pilih sumber karbohidrat kompleks seperti gandum, biji-bijian kuno seperti quinoa dan barley, atau sayuran seperti wortel dan kentang.

Mereka akan membantu membuat Anda kenyang lebih lama dan mengandung lebih banyak nutrisi daripada sumber karbohidrat olahan.

Angkat beban yang berat

Baca juga  Perlu Peningkatan Peran Puskesmas untuk Kendalikan Covid 19

Meskipun latihan aerobik seperti jalan cepat, lari dan bersepeda sangat baik untuk menurunkan berat badan, banyak orang cenderung hanya fokus pada kardio dan tidak menambahkan latihan kekuatan ke rutinitas mereka.

Menambahkan angkat beban ke rutinitas olahraga Anda dapat membantu Anda membangun lebih banyak otot dan mengencangkan seluruh tubuh Anda.

Terlebih lagi, penelitian telah menunjukkan bahwa angkat berat memberi sedikit dorongan pada metabolisme Anda, membantu Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan ketika Anda sedang istirahat.

Tetapkan tujuan 

Baca juga  Beberapa Cara Alami Mengurangi Gejala Menopause

Mengenakan jeans dari sekolah menengah atau terlihat lebih baik dalam pakaian renang adalah alasan populer mengapa orang ingin menurunkan berat badan.

Namun, jauh lebih bermakna untuk benar-benar memahami mengapa Anda ingin menurunkan berat badan dan bagaimana penurunan berat badan dapat mempengaruhi hidup Anda secara positif. Memiliki tujuan ini dalam pikiran dapat membantu Anda tetap pada rencana Anda.

Temukan partner diet 

Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengikuti rutinitas olahraga atau rencana makan sehat, undang seorang teman untuk bergabung dengan Anda dan membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.

Studi menunjukkan bahwa orang yang langsing dengan teman lebih mungkin untuk tetap dengan program penurunan berat badan dan olahraga. Mereka juga cenderung menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang melakukannya sendiri.

Plus, memiliki teman atau anggota keluarga dengan tujuan kesehatan dan kebugaran yang sama dapat membantu Anda tetap termotivasi sambil bersenang-senang pada waktu yang sama.

Jadilah realistis

Membandingkan diri Anda dengan model di majalah atau selebritas di TV tidak hanya tidak realistis — itu juga bisa tidak sehat.

Meskipun memiliki panutan yang sehat dapat menjadi cara yang bagus untuk tetap termotivasi, bersikap terlalu kritis terhadap diri sendiri dapat membuat Anda mundur dan dapat menyebabkan perilaku yang tidak sehat.

Cobalah berfokus pada perasaan Anda daripada berkonsentrasi pada penampilan Anda. Motivasi utama Anda seharusnya menjadi lebih bahagia, lebih bugar, dan lebih sehat.

Konsumsi sayuran

Sayuran syarat dengan serat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Terlebih lagi, meningkatkan asupan sayuran dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hanya makan salad sebelum makan dapat membantu Anda merasa kenyang, menyebabkan Anda makan lebih sedikit.

Selain itu, mengkonsumsi sayuran sepanjang hari dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Baca juga  Beberapa Efek Samping Setelah Vaksin dan Kenapa Kamu Tidak Perlu Khawatir

Menciptakan gaya hidup yang lebih sehat berarti menemukan waktu untuk mengutamakan diri sendiri, bahkan jika menurut Anda itu tidak mungkin.

Hidup seringkali menghalangi tujuan penurunan berat badan dan kebugaran, jadi penting untuk membuat rencana yang mencakup waktu pribadi, dan mentaatinya.

Tanggung jawab seperti pekerjaan dan mengasuh anak adalah beberapa hal terpenting dalam hidup, tetapi kesehatan Anda harus menjadi salah satu prioritas utama Anda.

Apakah itu berarti menyiapkan makan siang yang sehat untuk dibawa ke tempat kerja, berlari atau menghadiri kelas kebugaran, menyisihkan waktu untuk mengurus diri sendiri dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

Temukan latihan yang anda nikmati

Hal yang hebat tentang memilih rutinitas latihan adalah bahwa ada kemungkinan tak terbatas.

Meskipun berkeringat melalui kelas spin mungkin bukan pilihan Anda, bersepeda gunung di taman mungkin lebih cocok untuk Anda.

Aktivitas tertentu membakar lebih banyak kalori daripada yang lain. Namun, Anda tidak harus memilih latihan hanya berdasarkan hasil yang Anda pikir akan Anda dapatkan darinya.

Sangat penting untuk menemukan kegiatan yang Anda harapkan untuk dilakukan dan yang membuat Anda bahagia. Dengan begitu, Anda lebih mungkin untuk tetap bersama mereka.

Lingkungan yang mendukung

Baca juga  Penasaran dengan Rasa Air Susu Ibu (ASI), ini Jawabannya

Memiliki sekelompok teman atau anggota keluarga yang mendukung Anda dalam tujuan berat badan dan kesehatan Anda sangat penting untuk penurunan berat badan yang sukses.

Mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif yang membuat Anda merasa senang dalam menciptakan gaya hidup sehat akan membantu Anda tetap termotivasi dan berada di jalur yang benar.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa menghadiri kelompok pendukung dan memiliki jaringan sosial yang kuat membantu orang menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Membagikan tujuan Anda dengan teman dan keluarga yang dapat dipercaya dan memberi semangat dapat membantu Anda tetap bertanggung jawab dan menyiapkan Anda untuk sukses.

Jika Anda tidak memiliki keluarga atau kelompok teman yang mendukung, cobalah bergabung dengan kelompok pendukung. Ada banyak kelompok yang bertemu secara langsung atau online.

Meskipun ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, menemukan rencana makan dan olahraga yang sehat yang dapat Anda ikuti seumur hidup adalah cara terbaik untuk memastikan penurunan berat badan jangka panjang yang sukses.

Menjadi lebih aktif, fokus pada makanan utuh, mengurangi gula tambahan, dan meluangkan waktu untuk diri sendiri hanyalah beberapa cara untuk menjadi lebih sehat dan lebih bahagia.

Ingat, penurunan berat badan bukanlah satu ukuran untuk semua. Untuk berhasil, penting untuk menemukan rencana yang cocok untuk Anda dan cocok dengan gaya hidup Anda.

Ini juga bukan proses semua-atau-tidak sama sekali. Jika Anda tidak dapat berkomitmen untuk semua saran dalam artikel ini, coba mulai dengan hanya beberapa yang menurut Anda akan berhasil atau berkonsultasilah dengan dokter.

Editor : Renilda Pratiwi Yolandini

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru