email : oerban.com@gmail.com

32.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Beberapa Trik Sederhana untuk Memperkuat Memori Otak

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Setiap orang tentu menginginkan pengalaman indah dan momen kebersamaan tetap hinggap di kepala. Namun, realitanya, tidak semua orang memiliki daya ingat yang kuat. Selain faktor umur, berbagai kebiasaan kurang baik juga menjadi penyebab masalah sulitnya otak mempertahankan tekanan ingatan tersebut.

Dikutip dari laman Menshealth.com, berikut beberapa cara sederhana untuk memperkuat memori otak,  mulai dari mengubah pola makan dan meningkatkan  olahraga hingga memainkan permainan otak.

Konsumsi sayuran

Sudah jamak diketahui bahwa sayur-sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran hijau umpamanya, tidak hanya menyediakan nutrisi penting seperti protein, zat besi dan serat, tetapi juga baik untuk otak. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology mengungkapkan bahwa makan satu hingga dua porsi sayuran berdaun hijau sehari-hari dapat meningkatkan memori dan kemampuan kognitif secara keseluruhan.

Minum air putih

Delapan gelas air putih sehari dapat menjauhkan dari bayang-bayang dokter, selain itu ingatan kita juga dapat bekerja dengan baik. Menurut ulasan tahun 2010 lalu  air – atau kekurangannya (dehidrasi) – pasti dapat mempengaruhi kognitif. Hal ini terutama terjadi dalam hal konsentrasi, kewaspadaan, dan memori jangka pendek. 

Makan ikan

Dr. Dow, salah seorang dokter Amerika menunjukkan bahwa omega-3 dalam ikan luar biasa untuk daya ingat. “Tidak seperti sumber omega-3 nabati, ikan mengandung DHA,” jelasnya. 

Mainkan game memori dengan kartu

Baca juga  5 Makanan Sehat yang Dapat Dikonsumsi Pasca Melahirkan

Dow merekomendasikan permainan kartu memori yang melatih konsentrasi. Hal ini akan membuat anda berkonsentrasi penuh pada upaya penaklukan lawan dan membuat Anda menemukan berbagai kemungkinan. Bermain kartu memori juga dapat meningkatkan kemampuan memori otak.

Kurangi waktu menonton televisi

Dr. Dow mengungkapkan, penelitian telah menunjukkan bahwa segala sesuatu mulai dari bepergian permainan papan catur dan berkebun dikaitkan dengan kegiatan yang dapat memicu memori kita bertambah kuat. Namun, tidak dengan menonton televisi. 

Masak dengan minyak zaitu

Baca juga  Perlu Peningkatan Peran Puskesmas untuk Kendalikan Covid 19

Karena lemak tak jenuh tunggal dan antioksidannya yang tinggi, minyak zaitun adalah minyak terbaik yang dapat membantu menguatkan memori otak, kata Dr. Dow. Ia menyarankan menggunakan extra virgin untuk salad dan minyak zaitun ringan atau biasa untuk memasak, karena lebih stabil pada suhu tinggi.

Turunkan kolesterol Anda

Penelitian telah menemukan bahwa diet tinggi kolesterol dan tinggi lemak dapat berkontribusi pada penyakit Alzheimer pada usia dini. Namun, Gunnar Gouras, MD, menunjukkan bahwa penelitian juga menemukan bahwa obat resep penurun kolesterol statin, dapat menurunkan risiko perkembangan penyakit di otak termasuk meningkatkan daya ingat dan kinerja otak.

Minum multivitamin

Vitamin B penting untuk memori dan fungsi mental. “ Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kehilangan memori yang signifikan,” kata Cynthia R. Green, PhD. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, semakin sulit untuk menyerapnya dari makanan, jadi direkomendasikan untuk mengkonsumsi multivitamin yang menyediakan 100%  vitamin B6 dan B12 dan asam folat.

Tingkatkan konsumsi vitamin E

Sebuah tinjauan studi tahun 2014 menunjukkan bahwa kadar vitamin E yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan kinerja kognitif dan mengurangi risiko penurunan fungsional terkait penyakit Alzheimer. Para peneliti juga menemukan bahwa pada dosis tinggi 2000 IU/hari selama rata-rata dua tahun, akan aman dan bebas dari efek samping.

Jalan-jalan

Baca juga  Penyebab Kamu Takut Bicara dan Cara Mengatasinya

Peneliti Italia menemukan bahwa orang di atas usia 65 tahun yang berjalan dengan kecepatan 417 kalori yang terbakar per minggu – sekitar 5 mil dengan kecepatan sedang – 27% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia dibandingkan mereka yang lebih banyak duduk.

Berjalan di alam

Para peneliti dari University of Michigan menemukan bahwa memori dan perhatian meningkat sebesar 20 persen ketika orang memilih untuk berjalan di taman dibandingkan lingkungan perkotaan. Menurut rekan penulis studi Marc Berman, seorang kandidat PhD dan peneliti psikologi, ini disebabkan oleh fakta bahwa alam memiliki efek menenangkan, sementara lingkungan yang sibuk merangsang otak secara berlebihan.

Perluas kehidupan sosial

Baca juga  Beberapa Kiat untuk Membangun Mindset dan Mental Sukses

Banyak penelitian menunjukkan bahwa memperluas jaringan sosial dan memiliki hubungan yang bermakna baik untuk pikiran. Satu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health melaporkan bahwa wanita dengan jejaring sosial yang besar mengurangi risiko demensia sebanyak 26%. Sebuah studi alternatif 2017 yang diterbitkan di PLOS ONE juga menemukan bahwa mempertahankan persahabatan mungkin menjadi kunci untuk memperlambat penurunan memori dan fungsi kognitif.

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat memengaruhi daya ingat Anda. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa menjadi lelah bahkan dapat membuat kita mengingat hal-hal yang tidak terjadi. Untuk memaksimalkan daya ingat, usahakan untuk tidur selama 8 jam setiap malam.

Mendengarkan musik

Sebuah studi dari University of Helsinki yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports , menemukan bahwa mendengarkan musik klasik meningkatkan otak pada usia berapa pun. “Dengan mempengaruhi jalur dopamin, musik membungkam gen yang merupakan faktor risiko demensia,” jelas ketua peneliti Irma Järvelä, MD, PhD, profesor genetika molekuler medis di University of Helsinki.

Selain cara-cara diatas, untuk meningkatkan memori kita juga perlu untuk melatih literasi (membaca dan menulis) serta berolahraga.

Editor : Renilda Pratiwi

Baca juga  Beberapa Manfaat Kafein yang Jarang Diketahui
- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru