BERBAGAI MANFAAT JUS SELEDRI

oleh -56 views
Sumber: Higarago.com

Jambi, Oerban.com – Apakah diantara kita mengenal seledri? . Ya, Seledri adalah tanaman yang dapat dikonsumsi baik kondisi mentah atau masak. Seledri diketahui banyak manfaat salah satunya dikonsumsi dengan cara di jus. Konsumsi jus seledri dengan rutin dapat menambahkan asupan nutrisi ke dalam tubuh dan Jus seledri memiliki kandungan rendah kalori.

Kandungan Nutrisi Seledri
Jus seledri memiliki kandungan 40 kalori dan beberapa nutrisi lain seperti:
Air
Kalsium
Zat besi
Fosfor
Kalium
Vitamin A, K, dan C
Magnesium
Betakaroten
Flavonoid
Fitonutrein
Fitosterol

Kandungan-kandungan dari seledri tersebut memiliki potensi terkhusus sebagai obat seperti, fitosterol yang merupakan komponen fitokimia yang berguna untuk melawan kolesterol. Fitosterol dapat berfungsi dalam mencegah penyakit jantung seperti aterosklerosis. Flavonoid yang juga terdapat dalam tumbuhan seledri dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan beberapa penyakit kronik lainnya jika dikonsumsi secara rutin. Selain itu, flavonoid dapat mengurangi
pengaruh radikal bebas dalam tubuh.

Cara Mengolah Daun Seledri
Membuat jus seledri sangat mudah, langkah-langkah yang dilakukan jika ingin merasakan sensasi asam-asam segar, yaitu dipotong kecil-kecil seledri dan bahan lain, kemudian dimasukkan ke dalam blender. Lalu, tambahkan air perasan lemon dan es batu. Kemudian disaring jus yang sudah diblender, sebelum diminum.

Seledri selain dapat dibuat minuman segar dapat juga menjadi camilan sehat. Cukup siapkan batang seledri segar. Potong-potong belah menjadi dua. Tambahkan dua sendok selai kacang pada batang seledri dan camilan seledri dapat dinikmati.

Seledri memiliki berjuta manfaat, mudah diperoleh dan sederhana dalam pengolahannya. Kita ketahui sekarang banyak produk kimia dan makanan yang kurang sehat beredar yang dapat menjadi penumbukan racun yang berlangsung terus-menerus. Oleh Karena itu, kita coba beralih ke produk herbal alami demi manisfestasi kesehatan di masa tua mendatang.

Penulis: Nurul Zhikra
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini