BIBIANA STEINHAUS, WASIT WANITA YANG TANGGUH

by
Sumber Photo (Matthias Kern/Bongarts/Getty Images)

Berlin, (Oerban.com) – Bibiana Steinhaus pernah membayangkan kejadian itu beberapa kali sebelumnya.

Berjalan ke lapangan sebagai wasit Bundesliga, mata 50.000 penggemar dan sorotan media dunia melatihnya.
Sekarang hal itu terjadi secara nyata. Pada tanggal 10 September 2017, Steinhaus membuat sejarah di Jerman dengan menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan tingkat tinggi liga.

Pengaturannya juga ikon – Olympiastadion berkapasitas 74.000 unit Berlin telah menyelenggarakan Olimpiade, pertandingan Piala Dunia dan final Liga Champions. “Ini benar-benar memberi saya merinding sekarang saat memikirkannya kembali,” kata Steinhaus sambil mengusap lengan bawahnya.

“Ketika kami benar-benar berjalan di luar sana di Berlin di Stadion Olimpiade ini – yang cukup mengesankan – dan kebisingan dan suasananya … itu adalah saat yang indah.

Petenis berusia 38 tahun tersebut pertama kali menerima kabar tersebut melalui email tiga hari sebelum pertandingan antara Hertha Berlin dan Werder Bremen akan berlangsung, seperti yang biasa dilakukan dengan janji wasit Bundesliga.

Mendengar Steinhaus berbicara tentang saat itu, Anda benar-benar merasakan betapa banyak kebanggaan yang masih diberikannya kepadanya. Senyumnya lebar dan berseri-seri dan gerak tubuhnya menjadi semakin animasi saat dia menggambarkan emosi beberapa jam berikutnya sebagai “roller roller”.
Tapi tak lama kemudian, itu kembali ke bisnis seperti biasa.

“Kami menarik napas panjang sebagai tim wasit,” kenangnya. “Dan, sejak saat itu, kami mempersiapkan permainan ini seperti setiap pertandingan lainnya.

“Kami siap sebagai tim, kami menyiapkan kickoff sehingga saat akhirnya kami fokus sepenuhnya.”
Steinhaus mengakui bahwa dia tidak mengantisipasi perhatian media di seluruh dunia yang diangkat oleh pengangkatannya, karena ini hanya akan menjadi berita di negara asalnya, Jerman.
“Itu banyak tekanan,” katanya, tapi terus tersenyum seolah itu adalah tantangan yang benar-benar dia nikmati.

(sumber : edition.cnn.com)