DAHSYATNYA MENGKONSUMSI KURMA

oleh

Oleh: Muthia Arahmah

(Rasulullah pernah bersabda, “sebaik-baik (makanan) sahur seorang mukmin adalah kurma.” (HR. Abu Dawud).
Kurma adalah makanan yang dicintai oleh Nabi Muhammad Saw, saat sahur maupun berbuka puasa, kita disunnahkan memakan kurma, itu sudah jelas pada hadist yang diatas.

Dalam riwayat Abu Dawud pula, Anas bin Malik z berkata, “Rasulullah Saw berbuka puasa dengan beberapa biji Ruthab (Kurma segar) sebelum shalat. Apabila tidak ada ruthab (beliau berbuka) dengan beberapa tamr (kurma masak) dan kalau tidak ada tamr, (beliau berbuka) dnegan beberapa teguk air“.

Pada dasarnya, semua makanan boleh dikonsumsi saat sahur dan buka, namun, mengapa kurma yang dipilih oleh Nabi Saw?
Kurma sudah menjadi makanan yang dikonsumsi sejak lebih dari 6.000 ttahun yang lalu. Pohon kurma, yang memiliki nama ilmiah Phoenix dactylifera L., memiliki manfaat berbagai aspek antara lain ekonomi, lingkungan, ornament, kesehatan, dan nutrisi.

Gula alami yang terkandung dalam kurma jauh lebih sehat daripada gula pasir olahan. Buah ini sangat baik untuk menyembuhkan batuk, pilek, asma radang tenggorokan, demam, dan masalah hati. Serat dalam kurma sangat luas sehingga tidak akan mengiritasi perut. Kurma juga menyediakan tenaga esktra bagi mereka yang melakukan olahraga fisik dan kerja keras.

Manfaat kurma pada kesehatan :
– Membantu pencernaan
Kurma mengandung 20 jenis asam amino yang berperan dalam proses pencernaan. Inilah mengapa kurma sangat mudah untuk dicerna dan telah dapat menyediakan energy bagi tubuh untuk melakukan kegiatan fisik dalam waktu setengah jam. Jadi untuk diet aman kalau makan kurma, bukan menggemukkan melainkan membantu untuk menguruskan, Sembelit
Minum dua sendok makan sari kurma di pagi hari begitu anda bangun. Hal ini sangat baik untuk merangsang gerak peristaltik.

– Mengatasi Diabetes
Mereka yang menderita diabetes dapat menggunakan manis buah ini dalam diet mereka. Kurma bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula darah.

– Mencegah Demam berdarah dan Diare
Kurma masak mengandung kalium. Kalium penting untuk mengontrol diare. Zat tersebut sangat mudah dicernah yang akhirnya akan membantu dalam menagani masalah diare.

– Mengobati Masalah hati
Kurma disebut-sebut sebagai obat yang baik bagi masalah hati dan sangat tepat untuk menyelesaikan masalah pernapasan.

– Menyembuhkan Penyakit Maag
Kurma sangat baik hampir bagi semua jenis permasalahan perut. Dengan mengkonsumsi tiga kurma di pagi hari dan tiga kurma pada petang, setiap harinya, anda akan mampu merasakan perbedaan kurma secara teratur. Kurma adalah buah yang dipilih oleh banyak orang untuk menyembuhkan perut mereka yang bermasalah.
Jika berencana untuk berpuasa, minumlah satu sendok makan besar sari kurma sebagai makanan terakhir yang anda makan sebelum berpuasa. Hal ini akan menghilangkan sakit perut anda apapun atau iritasi perut yang dapat terjadi pada perut anda di saat berpuasa. Sebagai hidangan pembuka, kurma sangat sempurna karena merupakan cara yang paling aman untuk meningkatkan kadar gula darah.

– Mengantisipasi Rabun senja
Asosiasi kanker Amerika (The American Cancer Society) menyatakan bahwa dengan mengonsumsi satu kurma sehari dapat mempertahankan mata yang sehat sepanjang usia anda. Kurna sangat efektif untuk menjaga masalah rabun senja terkontrol.

– Memperkuat email pada gigi
Kurma mengandung fluorim yang merupakan mineral penting bagi penghambatan proses pembentukan lubang gigi.

Jadi, kurma adalah suatu benda yang selalu harus ada dalam daftar belanja Anda jika Anda berencana pergi kepasar.