email : oerban.com@gmail.com

31.5 C
Jambi City
Rabu, Agustus 10, 2022
- Advertisement -

Deklarasi Istanbul akan Rubah Wajah Dunia

Populer

swarnahttps://www.oerban.com
tulisan yang berkualitas akan menjadi lentera di gelapnya jalan kehidupan

Istanbul, Oerban.com – Tiga pembicara parlemen dari Ankara, Baku dan Islamabad pada hari Kamis menandatangani Deklarasi Istanbul sebagai indikator kelanjutan dari ikatan budaya dan sejarah yang kuat antara ketiga negara.

Dipandu oleh Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop di Istanbul, pertemuan itu dihadiri oleh kepala Parlemen Pakistan Raja Pervaiz Ashraf dan Sahiba Gafarova dari Azerbaijan.

Deklarasi tersebut menggarisbawahi bahwa ketiga negara akan terus bekerja sama di semua bidang sambil sepakat untuk memperdalam dialog antar-parlemen.

Menekankan pentingnya diplomasi, dialog, dan kerja sama, deklarasi tersebut begitu penting bagi kerja sama yang komprehensif antara Turki, Azerbaijan, dan Pakistan dalam rangka meningkatkan stabilitas, keamanan, dan kemakmuran kawasan.

Disebutkan bahwa negara-negara itu bertekad untuk lebih memperluas kerja sama di bidang-bidang yang akan berkontribusi pada konektivitas regional, transportasi, perdagangan, energi, hubungan antar masyarakat, pendidikan, pertukaran sosial dan budaya, dan pariwisata.

Selanjutnya, disepakati bahwa ketiga negara akan bertindak bersama-sama menghadapi ancaman bersama.

Ditekankan bahwa upaya bersama harus dilakukan terhadap semua organisasi teroris seperti Gülenist Terror Group (FETÖ), PKK/YPG dan Daesh, antara lain, dan ekstensi mereka.

Kekhawatiran tentang ancaman rasisme, xenofobia, Islamofobia, dan ujaran kebencian di seluruh dunia disampaikan dalam deklarasi tersebut, dan pentingnya peran media massa dalam kampanye tersebut.

“Semakin kita bersatu, semakin kita akan melawan kekerasan dan terorisme. Kami terus menolak diskriminasi dan Islamofobia,” jelas Sentop menekankan.

Para pihak juga menyinggung masalah Siprus dan mengatakan bahwa diputuskan untuk mendukung solusi yang adil, berkelanjutan, realistis dan dapat diterima bersama untuk masalah Siprus dan penyelesaian yang adil dari masalah di Laut Aegea dan Mediterania Timur berdasarkan kesepakatan hukum internasional.

Selama konferensi pers bersama, Ashraf mengatakan: “Pakistan akan terus mendukung perspektif Turki tentang Siprus Utara.”

Di sisi lain, dukungan disuarakan untuk hubungan bertetangga yang baik di Kaukasus Selatan serta rekonstruksi dan rehabilitasi wilayah Azerbaijan yang baru dibebaskan di Karabakh.

Selanjutnya, kedua belah pihak menegaskan kembali sikap prinsip mereka pada konflik Jammu dan Kashmir dan setuju untuk mendukung penyelesaian konflik yang adil dan damai sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang relevan dan keinginan rakyat di wilayah tersebut.

Gafarova sendiri mengingatkan bahwa pertemuan pertama kepala parlemen Azerbaijan-Pakistan-Turki diadakan di Azerbaijan tahun lalu dan format kerja sama tripartit dibentuk antara parlemen ketiga negara pada pertemuan itu.

Pertemuan berikutnya antara ketua parlemen akan berlangsung di Islamabad pada 2023.

Para pembicara menjelaskan bahwa format ini sangat penting dan hubungan tingkat tinggi antara tiga negara akan dibentuk, selain itu pengembangan kerja sama yang berkelanjutan di berbagai bidang, Gafarova menyatakan bahwa sebagai anggota parlemen dari tiga negara, mereka berkontribusi pada proses ini dengan pertemuan hari ini. .

Sumber : Daily Sab

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru