DEMI MENJAGA STOK PANGAN, PETANI MERANGIN TETAP PANEN PADI TENGAH COVID-19

oleh -55 views

Bangko, Oerban.com – Adalah satu kebanggaan untuk para petani dalam masa yang serba sulit seperti sekarang ini, meski masih covid-19 tetapi semangatnya tidak kendor untuk menjaga stok pangan.(01/08/2020)

Salah satu kelompok tani di kabupaten Merangin melakukan panen padi sawah yang bertempat di desa Pulau Aro Kecamatan Tabir. Ketua kelompok tani Rukun Makmur Sangkut Tanjung sangat bersemangat dalam melakukan panen padi sawah yang di kelola bersama anggotanya.

“Kita tidak mau kalah dengan produksi nasional, oleh karenanya kita selalu semangat untuk panen ini, agar stok pangan tetap terjaga”, ungkap Tanjung.

Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo menekankan untuk menjaga ketahanan pangan nasional dan agar para petani dapat meningkatkan hasil pertanian di segala bidang sehingga ketahanan pangan indonesia dapat terjaga.

Dalam hal ini kementerian pertanian selalu ikut berperan serta dalam meningkatkan sumber daya manusia melalui BPSDM kementerian pertanian yang selalu mendukung dan membantu alat alat pertanian seperti alat panen dan lain-lain.

Kepala BPPSDM Prof. Dedi menyebutkan bahwa tugas menjaga ketahanan pangan merupakan tugas petani, oleh sebab itu semangat mesti tergaja agar pangan rakyat Indonesia tetap terjaga.

Kali panen padi varietas Ciherang dan Inpari 30, di Kecamatan Tabir Ulu. Proses panen selalu didampingi oleh penyuluh pertanian lapangan yang selalu berperan aktif mendampingi dan membantu petani dilapangan.

Salah satu penyuluh yang bertugas di desa pulau Aro yaitu Dame G. Sianipar menyatakan “bahwa panen kali ini menjadi bukti jika petani kabupaten Merangin dapat bersaing di kancah nasional”.

Penulis : Ismartoyo
Editor : Tim Redaksi