EKSISTENSI P4S KARYA MANDIRI DITENGAH BERBAGAI KETERBATASAN

oleh -67 views
Sumber foto : Yudi

Kampar, Oerban.com – Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Mandiri di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar merupakan salah satu P4S binaan Balai Pelatihan Pertanian Jambi yang cukup dikenal masyarakat Kabupaten Kampar. Pada Kamis tanggal 26 Maret 2020, Bapeltan Jambi melakukan kegiatan identifikasi calon penerima bantuan sapras P4S tahun 2020 ke lokasi tersebut.

Menurut Ediyanto sebagai ketua, P4S Karya Mandiri telah berdiri dari tahun 2005 tapi baru mendapatkan sertifikat P4S dari Kementerian Pertanian pada tahun 2011. Dengan luas lahan terpampang + 3 Ha, pada saat ini sedang dibudidayakan tanaman cabe, kolam pancing air tawar dan ternak sapi.

Alumni magang Jepang tahun 2000 ini juga mengatakan latar belakang beliau mendirikan P4S ini karena 60% dari jumlah populasi masyarakat Kecamatan Tambang berprofesi sebagai petani namun tingkat kehidupan mereka masih berada dibawah garis kemiskinan yang disebabkan masih rendahnya sumber daya manusia pertanian sehingga hasil pertanian yang diproduksi petani tidak bisa bersaing dipasar. Oleh sebab itu beliau berinisiatif mendirikan suatu wadah yang merupakan tempat belajar dan mengajar petani.

Dengan didirikannya P4S diharapkan bisa membantu pemerintah dalam penyampaian informasi dan teknologi pertanian sehingga sumber daya manusia pertanian di Kecamatan Tambang dan produksi petani bisa bersaing dipasar.

Selama ini P4S Karya Mandiri sering melakukan kegiatan pelatihan, melatih petani, melakukan pertemuan dan magang mahasiswa. Hanya saja pelatihan yang diadakan lebih sering diselenggarakan oleh Pemerintah dan Perguruan Tinggi dibandingkan P4S sendiri. Dengan keterbatasan sarana dan prasarana, Edi mengharapkan bantuan dari Pemerintah. “Selain sumber daya manusia, sarana prasarana tempat penginapan dan mck menjadi kekurangan kami selama ini, dengan adanya hal – hal tersebut akan sangat membantu dan menunjang dalam pengembangan P4S ini kedepan, ujar Edi Yanto.

Identifikasi calon penerima bantuan sapras P4S Tahun 2020 juga dihadiri oleh pejabat fungsional POPT Dinas Pertanian Provinsi Riau, Muspardi. Beliau berharap Bapeltan Jambi sebagai pendamping penyusunan proposal bantuan ini bisa meloloskan sampai ke tingkat pusat dan bisa dimanfaatkan oleh P4S semaksimal mungkin.

Penulis: Wahyudi. N
Editor: Renilda Pratiwi Yolandini