email : oerban.com@gmail.com

32.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Fenomena Ikoy-ikoyan dan Responnya

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Memang ada-ada saja trend media sosial. Sebagai ruang yang paling mungkin dicapai semua orang, terlebih saat pandemi, jagat sosial media pun terbuka untuk dimasuki oleh siapa saja. Salah satu trend yang akhir-akhir ini mencuri perhatian publik adalah fenomena Ikoy-ikoyan.

Dipopulerkan oleh Arief Muhammad melalui akun instagramnya, @ariefmuhammad. Ikoy-ikoyan merupakan kegiatan (permainan) bagi-bagi rezeki pada followers Arief Muhammad. Ikoy adalah nama panggilan M.rizki fadhilah asisten Arief yang sering ia mintakan tolong untuk mengirimkan apapun pada orang yang Arief kehendaki.

Salah satu pesan DM yang ikut Ikoy-ikoyan

“Mas bantu saya, beli laptop saya untuk bayar uang kuliah saya. Saya mohon mas. Satu juta aja mas buat bayar uang kuliah saya.” Tulis akun @yuliprmtsr di pesan DM Instagram Arief beserta bukti foto laptop. 

“Beneran dipakai untuk kuliah yaa, nggak boleh bohong? Laptopnya simpen aja ga perlu dijual. Koy, transferin dia sejuta @mrizqifadhilah” tulis Arief. Begitu pula dengan followernya yang lain, ada yang langsung meminta, ada yang berkeluh kesah, merayu dan berbagai bentuk lain yang tujuannya ingin dibantu oleh Arief. Kebanyakan dari mereka dipilih random dan diberikan uang atau barang, namun ada juga yang tidak dikabulkan oleh Arief jika maksud ia meminta hanya untuk iri dan pamer.

Salah satu permintaan yang ditolak Ariefmuhammad

Mengenal Arief Muhammad

Baca juga  Jika Telah Divaksin dan Terkena COVID-19, Ini Yang Harus Dilakukan

Arief Muhammad yang saat ini dikenal merupakan seorang penulis, blogger, youtuber, pengusaha sekaligus aktor Indonesia. Lahir di Batam, 26 Oktober 1990. Siapa sangka, orang yang bisa membagi-bagikan ratusan juta kepada followernya ini mengawali debutnya sebagai admin akun Twitter bernama Poconggg pada tahun 2009.

Pada tahun 2010 ia menulis buku novel berjudul pocong juga poconggg. Dan diangkat ke layar lebar tahun 2011 oleh Maxima pictures. Awalnya tidak ada yang mengetahui siapa sosok dibalik akun Twitter poconggg, ia sering dikutip dan menjadi trending. Hingga akhirnya identitas Arief dibalik akun tersebut dibongkar oleh orang yang tidak diketahui, dan hal itulah yang membuat Arief terkenal.

September 2016 ia menikah dengan Tiara Pangestika dan telah dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Ibrahim Wishaka El Emran. Saat ini, dari postingan Instagram istrinya tengah hamil anak kedua. Dari bio Instagramnya juga diketahui bahwa Arief memiliki beberapa usaha, diantaranya, baso Aci akang, billionaires project, prepp studio, grebe official, ternak kosan, dan cake kekinian.

Respon Ikoy-ikoyan

Baca juga  Tiga Presiden Bersama Ribuan Orang Ucapkan Ultah Kepada Erdogan

Meski terbilang baru, permainan Ikoy-ikoyan, yang awalnya hanya untuk seru-seruan memiliki dampak yang cukup besar. Hal ini terlihat dari ramainya antusias warganet dalam menyemarakkan Ikoy-ikoyan. 

“Sampai sekarang ga berhenti-henti nih notif. Dari followers, dari teman-teman pengusaha, teman-teman artis, influencer, semuanya jadi rame ditodong main Ikoy-ikoyan. Dan uniknya jadi banyak yang ke trigger untuk berbagi juga. Seneng banget liatnya.” Tulis Arief dipostingan foto anaknya 1 Agustus lalu. Arief juga menambahkan, bahkan hingga ke WhatsApp orang-orang bertanya apa itu Ikoy-ikoyan. Arief hanya menerangkan bahwa Ikoy-ikoyan adalah tentang berbagi. Bagi-bagi rezeki dan kebahagiaan untuk banyak orang.

Namun, selalu ada sisi mengenai hal ini. Beberapa selebriti yang juga ditagih Ikoy-ikoyan oleh followers mereka ada yang ikut ada pula yang menolak. Dikutip dari CNN Indonesia, artis Nana Mirdad menyebut permainan tersebut membuat orang-orang Indonesia memiliki mental meminta ini dan itu. Hal yang hampir sama diutarakan oleh influencer muslim, Amar ar-risalah melalui postingannya di Instagram @risalah_amar.

“Ikoy-ikoyan bagus. Tapi beberapa kawan sesama kreator konten mulai DM atau chat saya. Mereka terganggu, mereka takut disangka ga baik karena ga ngasih, tapi udah punya pintu sendiri buat ngasih sesuatu” tulis Amar.

Lebih baik mencari pulau, membangun sumur dan bangun perpustakaan menurut Amar. Muslim menurutnya juga seharusnya menjadi umat pemberi donasi bukan peminta donasi dan membangun banyak hal dengan harta sendiri, karena menurut Amar ini tentang harga diri seorang muslim.

Editor : Renilda Pratiwi Yolandini

Baca juga  Apakah Amplop Hajatan Bagian Dari Hutang?

 

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru