email : [email protected]

23.4 C
Jambi City
Selasa, Juli 16, 2024
- Advertisement -

Golkar Jambi di Tengah Kegamangan, Perolehan Kursi DPR RI Jadi Jawaban Integritas CE

Populer

Oerban.com – Pemilihan Legislatif (Pileg) masih terus berjalan sampai dengan hari ini, Selasa 20 Februari 2024. Karenanya, masing-masing Caleg maupun partai harus bersabar untuk menunggu keputusan resmi hasil rekapitulasi suara dari KPU.

Tak sama seperti periode 2019 lalu, tahun ini pencalonan legislatif tingkat RI Dapil Jambi diwarnai banyak figur tokoh dan mantan kepala daerah. Sehingga, suka tidak suka akan terjadi pertarungan yang sengit dalam perebutan suara.

Di tahun lalu, dari 8 kursi yang ada, Golkar berhasil meraih dua kursi berkat dominasi HBA yang bisa meraup 200 ribu lebih suara, menjadi yang paling banyak kedua se internal Partai Golkar Indonesia. 6 kursi sisanya adalah milik PKB, Gerindra, PDIP, Nasdem, PAN, dan Demokrat.

Jika berkaca dari perolehan tahun lalu, Golkar memang sangat mendominasi di Provinsi Jambi. Bahkan, suara kursi ke-2 DPR RI milik Saniatul Lativa lebih tinggi dibanding peraih kursi lainnya.

Mimpi CE Lanjutkan Dominasi Golkar di Jambi, Sempat Ungkap Wacana Raih 3 Kursi

Sebelum dimulainya pelaksanaan Pemilu tanggal 14 Februari 2024, Partai Golkar Jambi masih optimis untuk mempertahankan dominasi suara dan raihan kursi.

Terlebih dengan adanya dukungan opini serta hasil survei lokal, yang menyatakan Golkar masih tak tergoyahkan untuk kursi di DPR RI.

Berangkat dari optimisme dan semangat tersebut, Ketua DPD I Partai Golkar Jambi, Cek Endra (CE) sempat menyatakan akan melanjutkan dominasi raihan kursi di Jambi.

Di depan Ketua Umum Partai Golkar Indonesia, Airlangga Hartarto, CE juga menyampaikan semangat untuk bisa menambah satu kursi lagi dari Jambi, dengan hitungan harus menambah 140 ribu suara lebih banyak dari periode sebelumnya.

Pernyataan CE tersebut disambut baik oleh Airlangga. Ia bahkan menegaskan, jika Golkar benar-benar bisa mendapat 3 kursi dari Dapil Jambi, maka bisa dipastikan bakal jadi pemenang terbaik se-Indonesia.

Baca juga  Lantik Pengurus PMI Provinsi Jambi, Jusuf Kalla Sampaikan Tantangan yang Dihadapi

“Kalau dapat tiga dari delapan kursi, maka Jambi menangnya lebih dari 30 persen. Kalau menangnya 30 persen, maka saya pastikan Jambi adalah pemenang terbaik Partai Golkar se-Indonesia,” ucap Airlangga yang disambut riuh tepuk tangan kader, di Hotel Aston Jambi, pada Sabtu, 27 Januari lalu.

Dalam dunia politik segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk dengan raihan tiga kursi yang diwacanakan Partai Golkar Jambi. Logika sederhananya, 3 kursi yang diinginkan CE adalah tambahan baginya yang juga ikut mencalonkan diri.

Kendati begitu, menurut aturan main yang berlaku, penghitungan perolehan kursi dibagi dengan bilangan pembagi 1 dan diikuti secara berurutan oleh bilangan ganjil 3; 5; 7; dst.

Mencermati hal tersebut, jika Golkar Jambi ingin meraih 3 kursi, artinya seluruh raihan suara partai harus dibagi 5. Hampir mustahil. Namun, punya target besar dalam dunia politik sah-sah saja.

Justru, di sana lah letak yang tepat untuk menguji sejauh mana kecakapan seorang ketua partai memimpin, tolak ukur keberhasilan yang pertama tentu saja target, selebihnya adalah mendekati.

Perolehan Suara Golkar Hari Ini, Efek Domino Kegagalan CE di Pilgub 2020 Lalu?

Banyak faktor yang menjadi penyebab menangnya Golkar di Pileg Jambi untuk DPR RI di tahun 2019 lalu. Salah satunya adalah figur kepala daerah yang menduduki posisi strategis, sebut saja Al Haris yang menjabat sebagai Bupati Merangin, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, dan CE sendiri selaku Bupati Sarolangun.

Dari data yang dihimpun, untuk peraih kursi pertama Golkar tahun 2019, HBA, ada tiga Kabupaten/Kota yang menjadi penyumbang suara terbanyak. Pertama Sarolangun, dengan 50.751 suara. Kedua Kota Jambi, 37.705 suara. Dan ketiga Merangin, dengan 34.405 suara.

Baca juga  HBA Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Ponpes Sirojul Mukhlasin Al-Fauzen Muaro Jambi

Jika ditelaah lebih dalam, selain dari sosok HBA yang merupakan eks Gubernur Provinsi Jambi, tiga kabupaten/kota yang jadi penyumbang suara terbanyak, kepala daerahnya dipimpin oleh kader Partai Golkar Jambi.

Tak jauh berbeda dengan HBA, Saniatul Lativa sebagai pemegang kursi ke-2 juga sama, ia mendapat dukungan paling banyak dari Kabupaten Tebo, di mana kala itu Tebo sedang dipimpin oleh Sukandar, Bupati 2 periode yang juga kader Golkar.

Faktor penentu memang tak hanya itu, namun secara garis besar, ada hubungan erat antara perolehan suara dengan latar belakang politik kepala daerah. Artinya, dalam menghadapi Pemilu seluruh mesin yang dikomandoi ketua berjalan dengan baik.

Kembali pada masa kini, di 2024, perolehan suara Golkar memang masih tertinggi jika berpedoman pada perhitungan Sirekap KPU. Namun, peluang untuk tetap mempertahankan capaian 2 kursi seperti tahun lalu boleh dikatakan sulit.

Selaku Ketua Partai, integritas CE sangat ditentukan dari raihan kursi DPR RI periode 2024-2029. Bak jauh panggang dari api, cita Golkar untuk mendominasi di Jambi terancam pupus.

Perolehan satu kursi merupakan kemunduran bagi kepemimpinan CE. Kemunduran tersebut tidak terjadi dalam waktu singkat, ada banyak dinamika yang terjadi dalam 4 tahun belakangan. Di mana, semua dimulai kala dua orang kader Partai Golkar sama-sama berambisi mengabdi sebagai Gubernur Provinsi Jambi.

Selaku yang punya tiket, tahun 2020 lalu adalah puncak penentuan dominasi Golkar, di mana CE maju dengan membawa bendera partai. Secara hitungan politik, kekalahan Mantan Bupati Sarolangun itu dikenakan dua poin telak. Selain kehilangan Al Haris, Golkar Jambi juga kehilangan kesempatan untuk meraih akses terhadap kekuasaan di level tertinggi provinsi.

Kegagalan CE di Pilgub lalu berdampak banyak bagi Partai Golkar. Bahkan kini, raihan dua kursi DPR RI ikut terancam. Namun, perhitungan suara masih terus berjalan saat ini, harapan untuk mengembalikan marwah partai Golkar masih terbuka, paling tidak, selaku Ketua DPD I, CE wajib mempertahankan 2 kursi DPR RI.

Baca juga  Ditinggal PPP, ke Mana Arah Politik Golkar dan PAN?

Zuandanu Pramana, Pemimpin Redaksi Oerban. com

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru