email : oerban.com@gmail.com

24.5 C
Jambi City
Sabtu, Februari 27, 2021
- Advertisement -

Ingin Wujudkan Polri yang Presisi, Komisi III DPR Restui Komjen Listyo Sigit

Populer

Jakarta, Oerban.com – Komisaris Jendral (Komjen) Listyo Sigit melakukan fit and proper test calon Kapolri bersama komisi III DPR RI di kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (20/1).

Dalam rapat tersebut, terlebih dahulu Komjen Listyo memaparkan tentang konsep transformasi Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan).

“Konsep menuju transformasi Polri yang presisi hadir melalui penekanan pada upaya pendekatan pemolisian yang prediktif.” Ujar Listyo seperti dikutip dari kanal youtube DPR RI, Rabu (20/1).

Listyo berharap upaya pendekatan yang prediktif ini dapat membangun kejelasan dari setiap permasalahan keamanan, serta mampu menciptakan keteraturan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Responsibilitas dimaknai sebagai tanggung jawab yang diwujudkan dalam ucapan, perilaku, sikap, dan responsif dalam pelaksanaan tugas, yang ditujukan untuk menjamin harapan dan kepentingan masyarakat dalam menciptakan keamanan.

Sedangkan transformasi berkeadilan merupakan realisasi dari prinsip, cara berpikir, sistem yang terbuka, akuntabel, dan humanis.

Selain itu, Listyo juga menyatakan jika Polri kedepannya akan bersifat terbuka, “kami terbuka untuk diawasi, sehingga pelaksanaan tugas-tugas kepolisian akan dapat menjamin keamanan dan rasa keadilan.” Katanya.

Dalam fit and proper test tersebut, seluruh fraksi yang ada di komisi III merestui Komjen Listyo Sigit untuk menjadi Kapolri menggantikan Jendral Idham Azis. Fraksi-fraksi tersebut diantaranya adalah PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, Demokrat, PKS, PAN, dan PPP.

Baca juga  SOAL SUMBAR TIDAK PANCASILAIS, ABDUL SOMAD ANGKAT BICARA

Selanjutnya, Komisi III akan mengirimkan surat kepada pimpinan DPR terkait keputusan rapat untuk kemudian dibawa kepada rapat paripurna DPR.

Editor: Renilda P Yolandini

Baca juga  KontraS Desak Penyidikan Terhadap Seluruh Anggota Kepolisian Yang Diduga Terlibat Dalam Kasus Tewasnya Herman
- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru