email : oerban.com@gmail.com

30.4 C
Jambi City
Jumat, Juli 1, 2022
- Advertisement -

Jurnalis Prancis, Leclerc-Imhoff Tewas di Ukraina

Populer

Paris, Oerban.com –  Saat perang di Ukraina berkecamuk, seorang jurnalis Prancis berusia 32 tahun tewas Senin di timur Ukraina, terkena pecahan peluru saat meliput operasi evakuasi Ukraina, menurut penyiar berita Prancis tempat dia bekerja.

BFM TV mengatakan jurnalisnya Frédéric Leclerc-Imhoff terbunuh ketika dia “meliput operasi kemanusiaan dengan kendaraan lapis baja” di dekat Severodonetsk, sebuah kota utama di wilayah Donbass yang sedang diperebutkan oleh pasukan Rusia dan Ukraina. Dia telah bekerja selama enam tahun untuk saluran televisi Prancis.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memberi penghormatan kepada Leclerc-Imhoff di Twitter, dengan mengatakan dia “berada di Ukraina untuk menunjukkan realitas perang.”

“Di atas bus kemanusiaan, bersama warga sipil yang terpaksa melarikan diri untuk menghindari bom Rusia, dia ditembak mati,” cuit Macron.

Macron menyatakan belasungkawa kepada keluarga, kerabat, dan koleganya dan berbicara tentang “dukungan tanpa syarat Prancis” kepada “mereka yang menjalankan misi sulit memberi informasi di teater operasi.”

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna menyebut kematian jurnalis itu “sangat mengejutkan.” “Prancis menuntut agar penyelidikan transparan diluncurkan sesegera mungkin untuk menjelaskan keadaan tragedi ini,” tambahnya.

Sebelumnya Senin, gubernur wilayah Luhansk, Serhiy Haidai, mengumumkan kematian Leclerc-Imhoff di sebuah pos Telegram, mengatakan bahwa pasukan Rusia menembaki kendaraan lapis baja yang sedang bepergian untuk menjemput orang untuk evakuasi.

Baca juga  Menteri Luar Negeri Perempuan Pertama AS, Madeleine Albright Meninggal Dunia

“Pecahan peluru menembus pelindung kendaraan, melukai leher seorang jurnalis Prancis terakreditasi yang melaporkan evakuasi. Petugas patroli diselamatkan oleh helmnya,” tulisnya. Akibat serangan itu, evakuasi dibatalkan, kata Haidai.

Dia memposting gambar akreditasi pers Ukraina Leclerc-Imhoff, dan gambar dari apa yang dia katakan adalah setelah serangan itu.

Penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Gerashchenko mengatakan wartawan Prancis lainnya terluka bersama dengan seorang wanita Ukraina yang menemani mereka. Dia mengatakan tubuh Leclerc-Imhoff dievakuasi ke kota Bakhmut yang dikuasai Ukraina, dari mana ia akan dibawa ke pusat kota Dnipro untuk diautopsi.

Baca juga  Surat Cinta Untuk Kemenag

Dia mengatakan petugas patroli yang menemani kendaraan itu terkena pecahan peluru di kepala dan dibawa ke rumah sakit militer.

 

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru