email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

KABUPATEN KERINCI TENGAH KEMBANGKAN VARIETAS CABE LOKAL DENGAN NAMA "LOKER"

Populer

Kerinci, Oerban.com – Kabupaten Kerinci terus lakukan pengembangan varietas lokal untuk komoditas tanaman hortikultura, salah satunya adalah varietas cabe lokal yang dikenal dengan varietas LOKER (Lokal Kerinci), Jum’at 24/05/2019.
Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci Rikhe Evriyantos, SP.,M.Si saat menyampaikan sambutan pada Pelatihan Tematik Cabe bagi petani di BPP Bukit Kerman Kabupaten Kerinci yang merupakan kerjasama antara Dinas TPH Kabupaten Kerinci dengan Balai Pelatihan Pertanian Jambi.
Menurut Evriyantos saat ini Kabupaten Kerinci sedang berusaha melakukan pengembangan plasma nutfah untuk mendapatkan bibit unggul lokal yang memang sangat banyak tersebar dilapangan. Untuk mendapatkan sertifikat, Dinas TPH berkerjasama dengan BPSB Provinsi Jambi sehingga benih yang akan disebar ke masyarakat nantinya juga terjamin secara mutu dan kualitas.
Berdasarkan pengamatan dilapangan, varietas LOKER mampu menghasilkan buah 0,8 sampai 1,2 Kg perbatang cabe, kemudian tahan terhadap penyakit layu.
Untuk tahun 2020 nanti Dinas TPH Kabupaten Kerinci sedang menargetkan pengembangan lahan untuk tanaman cabe seluas 200 Ha, hal ini tentunya menjadi peluang bagi petani untuk dapat memanfaatkan lahannya guna pengembangan tanaman cabe.
Sementara itu, Balai Pelatihan Pertanian Jambi terus berkomitmen untuk bersinergi dengan instansi pertanian di wilayah kerjanya. Terutama dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian. (TIM)

Baca juga  INHOUSE TRAINNING “MENAJEMEN PENGELOLAAN FILE UNTUK PERSIAPAN DUPAK ONLINE”, WIDYAISWARA BPP JAMBI NYATAKAN SIAP MENGHADAPI INDUSTRI 4,0
Artikulli paraprak
Artikulli tjetër
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru