email : [email protected]

33.1 C
Jambi City
Senin, April 22, 2024
- Advertisement -

Kandidat Pro-Palestina Galloway Memenangkan Pemilihan Sela Rochdale di Inggris

Populer

Rochdale, Oerban.com – Mantan anggota parlemen Partai Buruh George Galloway, yang dikenal karena kritiknya yang blak-blakan terhadap tindakan negara Israel di Gaza, memenangkan pemilihan sela di Rochdale, seperti yang diumumkan dalam hasil akhir pada Kamis (29/2/2024) malam.

Galloway memperoleh 12.335 suara, hampir 40% dari total, dengan mayoritas 5.697 suara.

Dalam pidato kemenangannya, ia menyampaikan pesan kepada pemimpin Partai Buruh Keir Starmer, dengan mengatakan, “Keir Starmer, ini untuk Gaza,” menyinggung sikap kontroversial pemimpin Partai Buruh tersebut mengenai kekejaman tentara Israel di Gaza, yang telah mengakibatkan lebih dari 30.000 kematian. sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak serangan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu.

Baca juga: Seorang Pria Dijatuhi Hukuman 3,5 tahun Penjara karena Membakar Alquran di Chechnya Rusia

“Anda akan membayar harga yang mahal atas peran yang telah Anda mainkan dalam mendukung, mendorong dan menutupi bencana yang saat ini terjadi di Gaza yang diduduki, di Jalur Gaza,” tambah Galloway.

Berbicara lebih lanjut kepada Starmer, Galloway juga mengatakan kemenangannya akan “memicu gerakan, tanah longsor, pergeseran lempeng tektonik, sejumlah daerah pemilihan parlemen, dimulai di sini di barat laut, di West Midlands, di London, dari Ilford hingga Bethnal Hijau & Busur.”

“Partai Buruh menyadari bahwa mereka telah kehilangan kepercayaan dari jutaan pemilih yang secara loyal dan tradisional memilih mereka dari generasi ke generasi,” tambah Galloway, mengacu pada para pemilih yang menganggap Partai Buruh telah gagal menyerukan gencatan senjata untuk dihentikan. pertumpahan darah yang tidak perlu di Gaza dan wilayah pendudukan Palestina, termasuk pemilih Muslim yang secara tradisional mendukung partai tersebut.

“Saya telah mendengar beberapa narasi seputar hasil pemilu malam ini. Ya, memang benar bahwa setiap Muslim sangat marah pada Keir Starmer dan partai Buruh yang ikut serta dalam daftarnya. Namun Anda akan sangat bodoh jika Anda tidak menyadari bahwa jutaan orang warga negara kita yang lain juga demikian. Keir Starmer dan Rishi Sunak adalah dua pipi yang sama dan mereka berdua sembuh dan benar-benar dipukul malam ini,” tambah Galloway.

Baca juga  SIT Aulia Muara Bulian bersama OPSEZI Kabupaten Batanghari Gelar Aksi Penggalangan Dana Palestina  

Pemilihan sela yang kacau

Pemilihan sela diadakan setelah meninggalnya anggota parlemen Partai Buruh Sir Tony Lloyd karena leukemia pada bulan Januari.

Kemenangan Galloway terjadi setelah Partai Buruh menarik dukungan dua minggu lalu dari kandidat mereka sendiri, Azhar Ali, yang mengklaim Israel telah membiarkan serangan Hamas pada 7 Oktober sebagai dalih untuk menyerang Gaza.

Ali juga telah diskors dari partainya sambil menunggu penyelidikan di tengah tuduhan anti-Semitisme.

Galloway mengatakan beberapa nama anggota parlemen Partai Buruh “berlumuran darah” setelah amandemen gencatan senjata oleh Partai Nasional Skotlandia dalam kampanye pemilihannya ketika beberapa anggota parlemen menyuarakan kekhawatiran atas keselamatan mereka karena sikap mereka yang pro-Israel.

Hilangnya dukungan umat Islam

Partai Buruh telah diperingatkan oleh anggota Muslimnya pada awal bulan Februari mengenai sikap pimpinan partai tersebut mengenai Gaza, yang serupa dengan kebijakan pemerintahan Tory di Inggris.

Starmer sampai saat ini menolak menyerukan gencatan senjata “kemanusiaan” segera.

Jaringan Buruh Muslim, yang terdiri dari anggota parlemen Muslim, walikota, anggota dewan kota dan anggota partai yang terdaftar, mengeluarkan pernyataan yang menyoroti keretakan yang semakin dalam antara partai tersebut dan basis Muslim yang secara tradisional setia.

Pernyataan tersebut menggarisbawahi temuan survei baru-baru ini yang menunjukkan keretakan ikatan jangka panjang antara Partai Buruh dan pemilih Muslim, dan menyebut respons partai tersebut terhadap serangan Israel yang berkepanjangan di Gaza sebagai katalis utama kekecewaan tersebut.

Lusinan anggota dewan Partai Buruh Muslim mengundurkan diri dari partai tersebut pada bulan Oktober, tak lama setelah serangan Israel dimulai dan pada bulan November, setidaknya 330 anggota dewan Partai Buruh menandatangani surat yang mendesak Starmer untuk mendukung gencatan senjata di Gaza.

Baca juga  Mengenang 39 Wanita Gaza yang Meninggal Akibat Serangan Israel

Sumber: Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru