email : [email protected]

24 C
Jambi City
Sabtu, Juni 15, 2024
- Advertisement -

LABORATORIUM TANAH BPP JAMBI SEDANG BERBENAH DIRI

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi merupakan institusi pemerintah yang bertugas melakukan pelatihan di bidang pertanian yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah Laboratorium. Laboratorium yang dimiliki berupa; Laboratorium Pengolahan Hasil Panen, Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman, Laboratorium Kultur Jaringan, serta Laboratorium Tanah. Khusus pada Laboratorium Tanah, BPP Jambi sedang melakukan penataan dan pendataan kembali alat-alat dan bahan kimia di labor tanah tersebut. (08/04/2019).

Kepala Laboratorium, Drh. Linda Hadju mengatakan; “Ada banyak alat yang telah kita miliki semenjak tahun 2015. Penataan dan pendataan kembali berguna untuk melihat potensi yang sudah kita miliki, termasuk juga ketersediaan bahan kimia untuk analisis tanah,” ujarnya.

Selain untuk melihat potensi yang telah dimiliki, juga bermaksud untuk melengkapi sarana dan prasarana dalam analisis terutama sifat fisik dan kimia tanah. Lebih lanjut dijelaskan bahwa setelah alat-alat dan zat kimia didata dan dilengkapi, maka laboratorium dapat dimanfaatkan secara lebih optimal untuk analisis beberapa sifat fisik dan kimia tanah. “Kita berharap Laboratorium Tanah dapat lebih diaktifkan sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih positif untuk BPP Jambi” papar penerima anugurah Sayta Lencana 20 tahun tersebut.

Alat uji kandungan pupuk yang bisa membantu menentukan kandungan unsur hara tanah. Senin, 08/04/2019 [sumber photo : oerban.com]

Peningkatan fungsi Laboratorium Tanah mendapat dukungan penuh dari Kepala Balai, Sabir, S.Pt., M.Si. Dukungan yang sama juga diungkapkan Kasubbag Tatausaha Nugroho Setyowibowo, S.Si., M.Si. Yang mengatakan bahwa pendataan kembali labor tanah ini sangat bagus untuk Balai ke depannya. Tentu sarana ini bisa difungsikan dengan baik kalau alat-alat dan bahan kimia sudah lengkap, minimal kondisinya sudah 50% bisa dimanfaatkan, lanjut Bowo.

Salah seorang tenaga pengelola labor, Helmi Yusni, S.P. menyatakan sangat siap membantu untuk pengembangan labor tanah.”Kami siap membantu kapan saja untuk yang terbaik,” ungkapnya.

Di labor tanah sendiri sudah tersedia Flamefotometer untuk analasis unsur K dan Na, Perangkat Uji Lahan Kering, Lahan Rawa, Lahan Sawah, dan Perangkat Uji Pupuk di samping alat pengukur pH tanah, serta peralatan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Dukungan dari berbagai pihak dalam pengembangan fungsi laboratorium khususnya Laboratorium Tanah BPP Jambi di atas, merupakan salah satu gambaran solidaritas dan sinergi di lingkungan kerja BPP Jambi untuk meningkatkan profesionalitas dan mempermudah pencapaian Visi dan Misi BPP Jambi. (TIM)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru