email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Mahasiswa Pro-IDe UNJA Ubah Air Gambut Menjadi Air Minum Berkualitas Tinggi

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Program Inovasi Desa (Pro-IDe) oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Universitas Jambi (UNJA) aktif menggerakkan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gambut Jaya, Kabupaten Muaro Jambi. Fokus utama mereka mencakup penyediaan air bersih, sanitasi lingkungan, dan kesehatan lingkungan.

Dalam mendukung inisiatif penyediaan udara bersih, tim Pro-IDe HMTL memanfaatkan teknologi inovatif CCBN5651, hasil pengembangan Prof. Dr. Drs. M. Naswir, Km., M.Si., yang mampu mengubah air gambut menjadi air bersih. Selanjutnya, langkah berikutnya adalah mendirikan depot udara untuk memastikan pasokan air minum bagi semua penduduk.

Mengupaya sanitasi lingkungan, Pro-IDe HMTL secara aktif berpartisipasi dalam meningkatkan kebersihan dengan memasang alat filtrasi udara di SDN 227/IX Gambut Jaya. Alat ini tidak hanya memberikan akses air bersih untuk keperluan toilet, tetapi juga berkontribusi dalam menyediakan air bersih secara keseluruhan. Selain itu, mereka juga memperkuat manajemen sampah dengan menyediakan tempat sampah, menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkelanjutan.

Untuk meningkatkan kesehatan lingkungan, Pro-IDe HMTL mengadakan penyuluhan kesehatan dengan fokus pada pencegahan penyakit melalui pemahaman terhadap jentik-jentik nyamuk. Narasumber penyuluhan ini adalah Dr. Ana, Kepala Puskesmas Petaling Jaya.

Selain itu, tim Pro-IDe HMTL juga terlibat dalam distribusi bubuk Abate sebagai langkah konkret untuk mencegah perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk dan menanggulangi penyebaran penyakit. Di SDN 227/IX Gambut Jaya, Pro-IDe memberikan penyuluhan kesehatan umum untuk memberdayakan siswa dalam menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan. Dengan langkah-langkah ini, Pro-IDe HMTL berkomitmen menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan di Desa Gambut Jaya.

Prof. Naswir menyatakan bahwa kegiatan Pro-IDe HMTL di Desa Gambut Jaya mendapat respon hangat dan positif dari penduduk sekitar. Sebagian besar warga merasa sangat bersyukur atas inisiatif Pro-IDe dalam menyediakan pasokan udara bersih melalui pemanfaatan teknologi CCBN5651.

Baca juga  UIN Jambi Raih Prestasi Gemilang: Juara Umum PKM III Se-Sumatera dan Se-Asia Tenggara

Pemasangan alat filtrasi udara di SDN 227/IX Gambut Jaya mendapat apresiasi tinggi dari warga sekolah karena memberikan udara bersih di toilet, meningkatkan rasa nyaman, dan keamanan dalam aktivitas sehari-hari. Kehadiran sampahng juga dianggap membantu menjaga kebersihan lingkungan, menciptakan desa yang lebih hijau dan teratur. Program kesehatan lingkungan, termasuk penyuluhan tentang jentik-jentik dan distribusi bubuk abate, dianggap sebagai langkah pencegahan yang berarti.

Warga Desa Gambut Jaya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Pro-IDe HMTL. Mereka melihat inisiatif ini sebagai solusi nyata untuk permasalahan desa dan memperkuat rasa kebersamaan dalam membangun lingkungan yang lebih baik.

Secara keseluruhan, Pro-IDe HMTL berhasil menciptakan perubahan positif dengan peningkatan akses air bersih, sanitasi sekolah yang lebih baik, dan kesadaran kesehatan masyarakat. Evaluasi menunjukkan bahwa program ini tidak hanya menyelesaikan masalah desa, tetapi juga menciptakan dasar untuk pembangunan berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru