email : oerban.com@gmail.com

24.5 C
Jambi City
Sabtu, Februari 27, 2021
- Advertisement -

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Mental

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Sebuah studi baru dari Pusat Kesehatan Mental Shanghai di provinsi Shanghai, China timur, memberitahukan bahwa “tidur siang dapat meningkatkan kemampuan mental yang lebih sehat.” Menurut penelitian tersebut, tidur siang, kurang dari dua jam di sore hari meningkatkan kesadaran lokasi, kefasihan verbal, dan memori kerja.

Sebagai bagian dari penelitian, yang dipimpin oleh Dr. Lin Sun dari Pusat Penyakit Alzheimer dan Gangguan Terkait di Pusat Kesehatan Mental Shanghai, 2.200 peserta berusia 60 tahun atau lebih dari tiga kota besar di Tiongkok, termasuk Shanghai, Beijing dan Xi’an, dipantau sekitar 1.520 dari orang-orang ini tidur siang secara teratur, tidak lebih dari dua jam, sementara sisanya tetap terjaga.

“Perbedaan signifikan dalam fungsi kognitif dan lipid darah diamati antara kelompok yang tidur siang dan yang tidak,” kata penelitian yang diterbitkan dalam jurnal General Psychiatry. Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang telah tidur siang memiliki skor lebih tinggi daripada mereka yang tidak dalam tes terkait kemampuan mental yang melibatkan keterampilan visuospasial, rentang perhatian, pemecahan masalah dan khususnya di bidang memori kerja, kesadaran lokasi dan kefasihan verbal.

Ada teori berbeda tentang mengapa tidur siang meningkatkan fasilitas mental ini dan tim yang melakukan percobaan percaya bahwa hal itu membantu meredakan peradangan, yang menyebabkan gangguan tidur.

Dr. Gayatri Devi, seorang ahli saraf yang mengkhususkan diri pada gangguan memori di Lenox Hill Hospital di New York City, menunjukkan bahwa meskipun itu adalah fakta yang mapan bahwa kebiasaan tidur yang sehat membantu melindungi individu dari demensia, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menganalisis dan memastikan hal ini.

“Kebiasaan tidur yang sehat melindungi untuk demensia dan penelitian ini menunjukkan bahwa setidaknya untuk beberapa, tidur siang  bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak,” katanya kepada United Press International (UPI).

Sementara itu, Dr. Melissa Bernbaum, dari Huntington, New York, menekankan bahwa meski hasil menunjukkan kemampuan kognitif yang lebih baik dengan tidur siang, hal itu juga bisa menjadi indikasi faktor lain.

Durasi dan frekuensi tidur siang mungkin menjadi salah satu faktor kunci, menurut Bernbaum, yang bekerja di bidang epilepsi dan pengobatan tidur rawat jalan di Rumah Sakit Huntington.

Dia juga menunjukkan bahwa perencanaan mungkin memainkan peran dalam keberhasilan tidur siang. “Individu yang tertidur secara tidak sengaja di siang hari, berpotensi menjadi gangguan medis dan tidak sebaik individu yang tidur siang yang direncanakan,” kata Bernbaum kepada UPI.

Kemampuan mental yang lebih baik tidak hanya ditawarkan oleh tidur siang. Seperti yang ditemukan penelitian terbaru lainnya, tidur siang bahkan membantu menurunkan risiko penyakit jantung sekaligus meningkatkan kebugaran dan kinerja di siang hari.

Walaupun tidur siang singkat hingga 30 menit seperti yang disarankan penelitian di China membantu otak berfungsi lebih baik, namun menggunakan lebih banyak waktu untuk tidur di sore hari sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental individu.

Sumber : Daily Sabah

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru