email : oerban.com@gmail.com

34.1 C
Jambi City
Rabu, Agustus 10, 2022
- Advertisement -

Membanggakan, Ketua P4S Pemuri Jadi Pemuncak Program YESS Kementerian Pertanian

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Pekanbaru, Oerban.com – Provinsi Riau boleh berbangga. Perwakilan mereka dalam Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS), Ade Putra Daulay menjadi Brand Young Ambassador dengan poin tertinggi. Ade Putra yang juga Ketua P4S Petani Muda Riau (PEMURI) unggul dari puluhan peserta dari seluruh Indonesia yang sebelumnya telah diseleksi dan mengikuti Young Ambassador Bootcamp (YAB) 2022.

Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Tengku Ahmed Reza Fahlevi mengaku bangga dengan pencapaian putra kelahiran Riau ini. Kita turut bangga perwakilan dari Pekanbaru sukses dan berhasil terpilih sebagai Brand Young Abbassador Kementerian Pertanian. Kita berharap ilmu dan bekal yang didapat saudara Ade Putra bisa dibagikan juga untuk petani di Pekanbaru khususnya kaum milenial kita, sebutnya.

P4S Pemuri merupakan salah satu P4S kelas madya yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian melalui Balai Pelatihan Pertanian Jambi pada akhir 2021 yang lalu. Banyak kelebihan yang didapatkan melelui P4S Pemuri ini diantaranya dengan menanam kangkung, bayam, sawi, terong, jagung, cabai, labu madu, kacang tanah, usaha kuliner dan warung palugada sudah di lakoni. Selain itu, P4S Pemuri turut memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran hasil pertanian seperti Facebook, instagram dan Pemasaran Online yang di beri nama: Gaskan.co. Belanja cukup dari rumah saja dengan ongkos kirim hanya Rp 10 ribu baik jauh maupun dekat.

Baca juga  JAGA STOK PANGAN KABUPATEN MERANGIN, BPP KOSTRATANI TABIR ULU DAMPINGI PETANI TANAM PADI TAHAN BANJIR

Dengan terpilihnya Ketua P4S Pemuri sebagai Brand Young Ambassador diharapkan mampu bergerak konsisten dalam membangun pertanian di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Dan juga membantu Pemko Pekanbaru dalam upaya pengendalian inflasi, stabilitas harga dan ketersediaan pangan serta menghasilkan sumber daya manusia pertanian yang handal dan bisa di andalkan.

Baca juga  Optimalisasi Lahan BPP, Penyuluh Beri Contoh Sebagai Garda Terdepan Pembangunan Pertanian

Tentunya semua itu dioptimalkan lewat Program Sicantig (cadangan pangan terintegrasi) dan P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya) yang kita pusatkan sebagai sarana pengembangan SDM Pertanian yang bisa membantu pemerintah guna membentuk SDM yang handal. Seperti yang diharapkan Pak Menteri Pertanian dan Bapak Presiden Jokowi, kata Ade.

Hal ini sejalan dengan program Kementerian pertanian yaitu YESS yang mempunyai atensi besar dalam menumbuhkan minat generasi milenial dalam mengembangkan pertanian modern, serta terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di bidang pertanian. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang mengharapkan melalui program YESS akan terwujud generasi pertanian, meningkatnya kompetensi SDM dari pedesaan dan meningkatnya jumlah wirausahawan muda di bidang pertanian.

Penulis: Syairatman

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru