MENULIS ITU MENYENANGKAN, PERCAYA?

oleh

Oleh: Aicha Lagrima Wijaya

Memang tidak semua orang suka ataupun pandai merangkai kata menjadi sebuah tulisan. Perlu ketelatenan dan ketekunan yang untuk menghasilkan tulisan yang dapat dinikmati semua orang. Namun, menulis bukanlah suatu hal yang sulit. Menulis dapat dianggap sulit bagi mereka yang tidak mau memulainya. Tapi bagi mereka yang mau untuk memulai, menulis akan menjadi mudah, asyik dan menggembirakan.

Perlu diketahui, menulis membutuhkan waktu, proses dan perenungan. Sebab, hakikat tulisan terpancar dari pikiran dan hati. Boleh jadi konten tulisan yang radikal berawal dari pikiran dan hati yang sedang marah. Begitupun sebaliknya, saat suasana pikiran dan hati tenang, alur tulisan pun menjadi damai dan nyaman.

Hanya karena dalam menulis membutuhkan waktu, proses, dan perenungan, tidak serta merta menjadikan aktivitas menulis menjadi momok menyebalkan yang dihindari setiap orang. Sekarang menulis merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan siapa pun. Untuk itu, berikut merupakan beberapa alasan mengapa menulis adalah pekerjaan yang menyenangkan, di antaranya:

Terapi meringankan beban diri
Menulis merupakan sebuah aktivitas di mana kita bisa menuangkan seluruh pendapat dan pemikiran kita. Aktivitas ini tidak hanya akan membuat pikiran lega, namun hati pun menjadi tenang. Rasanya setelah menulis, perasaan menjadi lega dan ringan karena kita telah menuangkan isi pikiran. Rasanya seperti kita telah melepaskan semua beban berat dari dalam pikiran. Seolah-olah ada yang sedang mendengarkan luapan dari pemikiran kita, namun komunikasi tetap terjaga satu arah.