email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

P4S Binaan Kementan Wujudkan Ketahanan Pangan Bersama Bhabinkamtibmas  

Populer

Aceh Utara, Oerban.com – Ketahanan pangan merupakan hal yang penting dan strategis, karena fakta menunjukan bahwa tidak ada satu negara pun yang dapat melaksanakan pembangunan secara mantap sebelum mampu mewujudkan ketahanan pangan terlebih dahulu. Setiap negara membutuhkan pangan untuk masyarakatnya bisa bertahan hidup dalam memenuhi kebutuhannya.

Salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan dibidang peternakan adalah dengan program Inseminasi Buatan (IB) pada ternak sapi. Inseminasi buatan merupakan teknologi reproduksi tepat guna yang banyak dipilih oleh peternak. Melalui kegiatan IB, penyebaran bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan murah, mudah dan cepat, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para peternak.

Kedekatan Bhabinkamtibmas Polsek Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, Aiptu Akbari dengan warga di desa binaanya tak diragukan lagi. Keaktifannya di desa binaan yaitu Desa Paloh Raya dapat dilihat dari kedekatannya saat berinteraksi masyarakat.

Aiptu Akbari menyambangi Juanda, salah satu peternak sapi di desa tersebut saat sedang beristirahat untuk berkomunikasi dan saling tukar informasi. Dari komunikasi tersebut didapati info bahwa sapi Juanda sedang birahi dan segera harus di kawin suntik atau di Inseminasi Buatan (IB).

“Begitu saya mendapat informasi dari Bapak Juanda kalau sapi nya sedang birahi atau minta kawin, saya mengambil inisiatif untuk menghubungi sahabat saya, Rahmat Kartolo salah satu Inseminator handal di Kabupaten Aceh Utara yang juga menjadi pembina P4S Saboh Hate. Maka dengan sigap beliau segera datang”, tutur Aiptu Akbari.

Aiptu Akbari juga mengajak kepada para peternak untuk memanfaatkan lahan yang masih kosong untuk ditanami Hijauan Pakan Ternak agar memudahkan peternak dalam memenuhi kebutuhan pakan hijauan bagi ternak sapi peliharaan sehingga dapat menghemat waktu serta jumlah ternak yang dipelihara lebih banyak.

Baca juga  DUTA PETANI MILENIAL MERANGIN SAMPAIKAN TEKNOLOGI BUDIDAYA MASEMBOK PADA KEGIATAN SINTANI #5

Kapolsek Muara Batu Ipda Herman Saputra dalam tanggapannya menyambut baik dan sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh salah satu personil Polsek Muara Batu (Aiptu Akbari) bersama salah satu Inseminator (mantri hewan) Kecamatan Muara Batu, dengan komunikasi dan keakraban dengan yang dijalin dengan masyarakat oleh Aiptu Akbari, hal ini menjadi bukti kalau polisi semakin dicintai oleh masyarakat.

Dalam sebuah kesempatan Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo mengatakan “Saya harap setiap tahun selalu ada akselerasi untuk menghadirkan bibit yang banyak semennya dan banyak inseminasinya secara massal, akselerasi bibit unggul dan berkualitas ini merupakan perintah Presiden dalam memenuhi kebutuhan gizi hewani masyarakat Indonesia”. ujar Mentan.

Sejalan dengan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menyampaikan, “Inovasi teknologi melalui Inseminasi Buatan (IB), merupakan salah satu cara pengungkit produksi daging termasuk kesehatan hewannya, kalau ternaknya sakit, maka yang konsumsi juga sakit, dan kita tidak bisa membangun pertanian kita,” kata beliau.

Penulis : Ferdinal

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru