email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

P4S LANGGANG JAYA PRATAMA, KUMPULAN PEMUDA VISIONER

Populer

Aceh Besar, Oerban.com – Berlokasi di Blang Bintang Lama, Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Langgang Jaya Pratama menjadi salah satu lembaga pelatihan dibidang pertanian yang cukup maju. 23/07/2019

Keberadaan P4S ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani dan peternak yang ingin menimba ilmu disini. Dengan luas hampir 0,7 Hektar, P4S Langgang Jaya Pratama mengembangkan pupuk organik yang berproduksi hampir 500 ton. Disamping itu juga, P4S ini mengembangkan probiotik untuk pakan ternak, terutama penggemukkan sapi. Rata-rata 3 bulan pemeliharaan sapi, sudah bisa dijual dengan harga yang sangat menggiurkan.

Peserta BIMTEK P4S sedang mengikuti kegiatan di P4S Langgang Jaya Pratama, 23/07/2019

Saat ini P4S Langgang Jaya Pratama telah menjadi salah satu ikon di Kabupaten Aceh Besar untuk lembaga pelatihan pertanian. Hampir semua gampong (kampong/desa) yang ada di Aceh Besar sudah merasakan dampak positif keberadaan P4S ini.

Sejak berdiri dari tahun 2009, P4S Langgang Jaya Pratama telah melakukan berbagai kegiatan baik di lokasi P4S maupun diundang oleh kabupaten lain yang ada di Provinsi Aceh. Selain itu juga, produksi pupuk organiknya sudah dipakai oleh petani yang ada di Provinsi Aceh.

Dibidani oleh Muhibuddin, P4S Langgang Jaya Pratama kini dibantu dikelola oleh anak-anak muda yang visioner. Sebut saja Ulul Azmi dan Fajri, para sarjana ini ikut serta mengembangkan kegiatan P4S Langgang Jaya Pratama. Mereka dengan anggota yang lain sudah mulai mempromosikan kegiatan P4S dimedia social yang dimiliki. Bahkan kedepan, mereka berencana untuk lebih proaktif mempromosikan kegiatan P4S dimedia yang ada.

Jika dilihat dari trend perkembangan, P4S sebagai suatu lembaga pelatihan yang dimiliki oleh petani akan mampu bertahan apabila memiliki setidaknya tiga keunggulan, yakni keunggulan teknologi, keunggulan komoditas dan terakhir keunggulan bisnis. Yang terakhir ini lebih cocok untuk industri 4.0 dan akan mampu menggait para pemuda untuk makin cinta dengan dunia pertanian. (TIM)

Baca juga  Kementan Edukasi Petani Aceh Utara untuk Melek Mengelola Keuangan
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru