email : oerban.com@gmail.com

30.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Panen Semangka di Kabupaten Bungo Turut Dihadiri Oleh Pejabat Pemda

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Bungo, Oerban.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di berbagai kesempatan mengatakan bahwa menjaga ketahanan pangan adalah tugas bersama. Menjaga ketahanan pangan menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Untuk insan pertanian, jangan berhenti menanam. Manfaatkan semua lahanyang ada, karena kita harus memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia, ujar SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi juga menyampaikan bahwasanya pangan masyarakat Indonesia harus sehat dan bergizi. Dari pangan yang sehat dan bergizi maka akan membuat imunitas tubuh yang kuat, otomatis membuat bangsa kita sehat, tutur Dedi.
Sebagai salah satu pangan yang sehat, bergizi dan digemari hampir seluruh masyarakat apalagi saat musim kemarau, semangka sangat potensial untuk dikembangkan terutama didaerah dataran rendah. Ini yang terlihat dari kegiatan panen semangka di Provinsi Jambi.
Setelah lebaran berlalu, Kelompok Tani Usaha Bersama I, Desa Mangun Jayo, Kecamatan Muko muko Bathin VII, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi melaksanakan panen semangka. Panen dilakukan dilahan seluas 5 hektare dan dihadiri oleh Dandim 0416, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo, Camat Muko – Muko Bathin VII, Koordinator BPP dan pemilik lahan semangka, H. Thaher.
Panen dilaksanakan sesuai dengan pendampingan dan bimbingan yang diberikan oleh penyuluh pertanian setempat guna menambah pengetahuan praktis seputar dunia pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas hasil pertanian demi menjaga stabilitas ketahanan pangan seperti yang disampaikan oleh penyuluh wilayah binaan Muko Muko Bathin VII, Sriyanti.
“Hari ini kami melaksanakan panen semangka di lahan seluas 5 hektar dengan varietas Jupe dan Inul. Kegiatan ini juga turut didampingi oleh Dandim 0416, Kepala Dinas, Bapak Camat, Koordinator BPP dan teman teman penyuluh lainnya. Kami berharap harga semangka tetap stabil dan menjanjikan sehingga bisa memotivasi petani lain dalam membudidayakannya, kata Sriyanti.
Tanaman semangka adalah tanaman yang sangat populer dikalangan masyarakat, terutama pada saat ini masyarakat Indonesia lagi dilanda wabah Covid-19. Tanaman semangka merupakan tanaman bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung air dan serat. Oleh karena itu budidaya tanaman ini perlu pendampingan teknis agar dapat hasil yang maksimal.

Baca juga  P4S Suka Maju Mengubah Abu Janjang Kelapa Sawit Menjadi Kompos
Baca juga  P4S Karya Tani Terus Tingkatkan Kapasitas Sebagai Pusat Pelatihan dan Konsultasi Bagi Petani

Penulis: Wahyudi N

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru