email : [email protected]

24.4 C
Jambi City
Sabtu, Juni 15, 2024
- Advertisement -

PERDANA MENTERI KANADA DI DESAK BEBASKAN WARGANYA DI ETHIOPIA

Populer

Addis Ababa, Oerban.com – Keluarga dan kelompok hak asasi manusia menuntut pembebasan warga Kanada yang dipenjara di Ethiopia karena tuduhan ‘kejahatan teroris’.

Sebuah keluarga di Kanada menyerukan kepada Perdana Menteri Justin Trudeau untuk menegosiasikan pembebasan seorang warganya yang dipenjara di Ethiopia dengan mengatakan “tidak akan pernah ada waktu yang lebih baik daripada sekarang untuk membawanya pulang”.

Bashir Makhtal Kanada, 49, telah dipenjara di Ethiopia sejak Januari 2007 atas tuduhan “terorisme”.

Pihak berwenang di Addis Ababa, ibukota Ethiopia, menuduh Makhtal menjadi pemimpin bagi Front Pembebasan Nasional Ogaden (ONLF) – sebuah kelompok pemberontak yang mendesak dibentuknya pemerintahan sendiri di wilayah Ogaden, Ethiopia timur – dan dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Etiopia memasukkan organisasi ONLF sebagai organisasi “teroris”.

Makhtal, yang kakeknya adalah anggota pendiri ONLF, selalu menyatakan dirinya tidak bersalah, mengatakan bahwa dia berada di wilayah tersebut untuk mempromosikan bisnis pakaiannya.

Kini, lebih dari satu dekade, pelepasan baru-baru ini dari ribuan tahanan politik dan perundingan damai Ethiopia dengan ONLF telah memberi dorongan keluarga Makhtal untuk pembebasannya.

(sumber : aljazeera.com)

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru