email : [email protected]

25 C
Jambi City
Minggu, Maret 3, 2024
- Advertisement -

PUSAT STUDI ASEAN KE-58 – UNIVERSITAS JAMBI GELAR KERJA SAMA DENGAN DIREKTORAT JENDERAL KERJA SAMA ASEAN KEMENTRIAN LUAR NEGERI

Populer

Mendalo, Oerban.com – Kerja sama Universitas Jambi dengan Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Luar Negeri di lakukan di ruang senat rektorat Universitas Jambi yang di hadiri oleh Riaz Saehu (Direktur Kerja Sama Sosial Budaya ASEAN), Helmi, (Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi )beserta Bambang Irawan (Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Jambi). (14/11/2019).

Kegiatan yang dilakukan ini sekaligus meresmikan pusat studi ASEAN ke-58 yang terletak di Fakultas Hukum Universitas Jambi. Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan kedepannya mahasiswa lebih mengenal tentang ASEAN atau biasa disebut dengan ASEAN awareness.

Sumber: oerban

“Kita lakukan kerja sama di Jambi yaitu Universitas Jambi, karena lokasi nya yang strategis dengan Malaysia dan Thailand, sehingga kesempatan ini cocok untuk dijadikan pusat studi ASEAN” ujar Riaz Saehu.

Adapun Motto ASEAN yaitu “One vision, one identity, one comunity” serta ada tiga pilar di dalam ASEAN , yaitu pilar kerja sama ekonomi, pilar kerja sama politik dan keamanan, serta pilar kerja sama sosial dan budaya, dimana pilar sosial dan budaya merupakan pilar yang mempunyai lima belas sektor yang artinya mempunyai sektor terbanyak di antara pilar lainnya. Tentu saja di antara ke tiga pilar tersebut mempunyai titik fokus yang berbeda-beda.

Selain itu, untuk melakukan perdamaian juga dapat dilakukan atas partisipasi pemuda, mengingat saat ini peran pemuda yaitu sebagai agen perubahan, sehingga partisipasi ini dapag dilakukan dalam bidang pendidikan, olahraga, kebudayaan dan seni yang dapat dimanfaatkan dalam mewujudkan toleransi antar sesama.
Di akhir acara, mahasiswa diberikan kuesioner sebanyak 10 soal tentang seputar ASEAN dan diharapkan kuesioner ini mampu untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang ASEAN.

Penulis: Shidqi Archieyevia M.K.
Editor : Renilda Pratiwi Yolandini

Baca juga  ASEAN Gelar KTT Tatap Muka, Partai Gelora Berharap Konflik Myanmar Dapat Resolusi Terbaik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru