email : oerban.com@gmail.com

33.2 C
Jambi City
Sabtu, Juni 19, 2021
- Advertisement -

Resep Tongseng Ayam yang Mudah Dibuat di Rumah

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Olahan ayam banyak di temukan di seluruh wilayah di Indonesia, selain dagingnya yang banyak disukai, ayam juga termasuk salah satu jenis daging yang banyak dijumpai di pasar-pasar. Tak heran, jika olahan panganan yang satu ini juga menjamur di berbagai kota hingga desa.

Jika bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, cobalah untuk mengolah bagian daging ayam menjadi tongseng tanpa santan. Selain bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan, cara memasak yang simpel, rasa masakan ini juga tak kalah menggoyang lidah loh.

Berikut resep tongseng ayam yang bisa dengan mudah dibuat di rumah, versi oerban.com.

Bahan :

  1. Dada ayam potong dadu
  2. Kol (secukupnya)
  3. Tomat 2 buah
  4. Daun bawang secukupnya

Bumbu :

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Kemiri
  4. Jahe
  5. Kunyit 
  6. Ketumbar
  7. Penyedap rasa
  8. Lengkuas
  9. Sereh
  10. Daun salam
  11. Daun jeruk
  12. Cabe 
  13. Garam 
  14. Gula 
  15. Kecap manis

Cara memasak :

Goreng 2 siung bawang merah yang sudah diiris bersama beberapa buah cabai, setelah cukup matang, masukkan bumbu halus yang sudah diblender (semua bumbu kecuali dedaunan, lengkuas, sereh, kecap, gula, dan garam), setelah bumbu mengeluarkan bau khasnya, masukkan sereh, daun jeruk dan salam, lengkuas. Aduk sebentar, lalu masukkan ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan, masak agak lama sampai mengeluarkan air sambil diaduk perlahan, setelah itu, masukkan sedikit air, tambahkan penyedap rasa, garam, gula, kecap manis, dan daun bawang sesuai selera, tunggu hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu masukkan tomat dan kol secukupnya, aduk sebentar, sambil dicicipi rasanya. Setelah rasanya pas, matikan kompor, tiriskan. Tongseng ayam siap dihidangkan.

Olahan tongseng ayam cocok dinikmati bersama nasi hangat bersama keluarga. Masakan ini juga cocok dibuat dalam jumlah besar, untuk keperluan hajatan atau kumpul saat hari-hari besar.

Editor : Renilda Pratiwi

Baca juga  7 BAGIAN TUBUH YANG SERING DIBERSIHKAN DENGAN CARA YANG SALAH
- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru