email : [email protected]

24.4 C
Jambi City
Sabtu, Juni 15, 2024
- Advertisement -

SIAPKAN PERANGKAT IT, BAPELTAN JAMBI SIAP DUKUNG KEMENTAN MODERNISASI KOSTRATAN

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Usaha Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi mendukung kebijakan kementerian pertanian untuk mengembangkan balai penyuluhan pertanian (BPP) menjadi komando stategis pembangunan pertanian tidak diragukan lagi. Hal ini terlihat dari persiapan yang tengah dilakukan Bapeltan Jambi agar kebijakan tersebut betul-betul tepat guna. (24/11/2019)

Direncanakan pada Senin (25/11) Bapeltan Jambi akan menggelar sosialisasi kebijakan terkait kostratan diwilayah kerjanya, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi. Kegiatan ini akan dilakukan secara maraton, dan dimulai dari provinsi Jambi.

Sementara pada Selasa (26/11) akan dilakukan bimbingan teknis bagi operator IT yang ada di kostratan yang mendapatkan fasilitas seperti, perangkat komputer, internet dan drone. Para operator nanti diharapkan mampu memberikan laporan secara online kepada menteri pertanian maupun pimpinan yang memerlukan update data dilokasi masing-masing. Perangkat ini nantinya akan digunakan untuk memverifikasi data yang ada, seperti luas lahan, luas panen, serangan OPT, serta data statistik pertanian lainnya.

Bapeltan Jambi akan melatih dua angkatan dari daerah Sumatera Utara dan Jambi dengan target peserta sekitar 60 orang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan Elly Sarnis mengatakan bahwa peserta pelatihan IT tersebut nantinya akan mengoperasikan peralatan yang difasilitasi oleh Kementerian Pertanian. Sementara Bapeltan Jambi bertugas menyiapkan SDM nya.

“Kita bertugas menyiapkan SDM nya, yang nanti akan mengoperasikan drone dan update data baik secara online, maupun melalui vidoe conference,” ungkap Kasi Penyelenggaraan tersebut.

Dengan dilakukannya pelatihan IT ini, diharapkan fasilitas yang akan diberikan oleh kementan dapat difungsikan secara maksimal.

Penulis : Tim Media Sosial Bapeltan Jambi
Editor : Tim Redaksi Oerban

Baca juga  Siswa Magang SMK 5 Muaro Jambi Tanam Akasia di Lahan Bapeltan Jambi
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru