email : oerban.com@gmail.com

30.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Sinergi Penyuluh dan Petani Kopi Kecamatan Atu Lintang Sebagai Wujud Memaksimalkan Peran Penyuluh

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Aceh Tengah, Oerban.com – Penyuluhan adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk mengubah pengetahuan sikap dan keterampilan masyarakat tani. Penyuluh pertanian dituntut harus mampu mengembangkan kemampuan yang dimilkinya dan memiliki kinerja yang mantap dan dinamis sehingga lebih profesional dalam bidangnya.

Penyuluh pertanian saat ini tidak hanya bekerja sendiri akan tetapi saling terpadu membentuk tim dengan latar belakang disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai team work yang profesional.

Penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian di daerah diharapkan mampu melakukan pendampingan kepada para pelaku utama (petani) maupun pelaku usaha di wilayah kerjanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi menjelaskan Penyuluh pertanian adalah ujung tombak pembangunan pertanian, yang artinya penyuluh pertanian adalah garda terdepan dalam pembangunan pertanian, dimana kinerja penyuluh harus betul betul tajam dan keras untuk dirasakan oleh petani, jelasnya.

Baca juga  SUMRINGAHNYA PETANI DAN PENYULUH KABUPATEN SIAK DALAM PANEN SEMANGKA

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), dalam berbagai kesempatan juga selalu berbicara penguatan organisasi pertanian hingga level kecamatan. “Komando Strategis Pembangunan Pertanian dibuat untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menggerakkan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Hal ini yang diwujudkan oleh para penyuluh Kecamatan Atu Lintang  kabupaten Aceh Tengah yang mengerakkan dalam rangka meningkatkan kapasitas petani setempat dengan cara pelatihan yang langsung diisi oleh penyuluh setempat sumber dana dari dana desa, dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku Utama dalam penerapan teknologi, Kegiatan ini sudah berjalan 70 % di Kecamatan Atu lintang.

Dan bentuk berkerja sama lanjutan mengenai analisis cita rasa kopi hasil demplot kopi di Atu lintang, yang berkolaborasi dengan Gayo Cuppers team melibatkan seluruh penyuluh pertanian kecamatan Atu Lintang. ini adalah bentuk upaya penyuluh setempat dalam rangka meningkatkan kapasitas petani, tentunya dalam rangka meningkatkan pendapatan petani.

Baca juga  SUMRINGAHNYA PETANI DAN PENYULUH KABUPATEN SIAK DALAM PANEN SEMANGKA

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) memberi instruksi kepada seluruh UPT untuk dapat berperan aktif di tengah pandemi ini sesuai dengan tupoksinya yaitu peningkatan kompetensi SDM pertanian, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan. Untuk mewujudkan pertanian yang maju mandiri dan modern sebagaimana tujuan pembangunan pertanian saat ini, maka dibutuhkan SDM pertanian yang kompeten dan berdaya saing sebagai kunci utama pembangunan pertanian, tegas Dedi.

Penulis: Puji Lestari

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca juga  P4S Karya Tani Binaan Bapeltan Jambi Terus Tingkatkan Kapasitas Sebagai Sarana Belajar Pertanian

- Advertisement -

Berita Terbaru