email : [email protected]

24.4 C
Jambi City
Sabtu, Juni 15, 2024
- Advertisement -

SMKN-PP Jambi Dalami Olahan Kopi dan Cokelat di Bapeltan Jambi

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Saat ini, sektor pertanian tidak lagi hanya diperuntukkan bagi orang tua semata, yang identik dengan kotor dan kuno, namun pertanian menjelma menjadi sektor yang memiliki prospek cerah, berteknologi tinggi dan mudah dilakukan. Mindset tersebut yang sudah seharusnya dipupuk sejak dini guna menarik generasi muda  untuk terjun langsung ke sektor pertanian.

Pengenalan dunia pertanian tersebut bisa dilakukan sejak dini, salah satunya dengan cara memperkenalkan pada anak tetang kehidupan pertanian dengan mengunjungi dan menikmati wahana wisata pertanian yang membuat anak mengenal serta menikmati secara langsung suasana pertanian yang seru dan asyik. Ini  akan membantu generasi muda untuk menumbuhkan kecintaan dalam dunia pertanian.

Seperti yang selalu dikatakan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Prof Dedi Nursyamsi menjelaskan, seluruh kegiatan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan akan mendukung penumbuhan pertanian milenial, salah satunya pertanian masuk sekolah. Oleh karena itu, Kepala BPPSDMP menghimbau seluruh UPT dihimbau untuk dapat menjadi contoh penerapan teknologi pertanian dan pengembangan SDM pertanian.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi  turut mendukung turut mendukung  kebijakan  Kementan dalam memasifkan informasi dan teknologi  serta turut dalam menumbuh kembangkan minat generasi muda untuk terjun  ke dunia pertanian.

 Bapeltan  Jambi untuk kesekian kalinya menjadi tempat kunjungan dari siswa/siswi  kali ini berasal SMK Negeri Pertanian Pembangunan Provinsi Jambi yang berjumlah 21 orang dari jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan.

Kedatangan siswa/siswi  SMKN-PP dalam rangka kunjungan Industri untuk praktik pengolahan hasil Perkebunan terutama kopi dan cokelat.

Menjadi tempat tujuan kunjungan mengingat Bapeltan Jambi merupakan salah satu UPT dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian yang tentunya tujuan tepat dalam menggali ilmu.

Baca juga  Kodim 0118/ Subulussalam dan Dinas Pertanian Kota Subulussalam Gelar Pembinaan Ketahanan Pangan dan Teritorial Wilayah

Kegiatan ini hadiri oleh Kasubag Tata Usaha Ngasiran, SPt,M, M.Kom, Widyaiswara Bapeltan Jambi  sekaligus fasilitator dalam kegiatan praktik ini yakni Masnun dan Puji Lestari  serta  guru pendamping.         

Perwakilan sekolah  dalam sambutannya menyatakan sangat senang  berkunjung ke Bapeltan Jambi karena disini para siswa/siswi dapat melihat langsung bagaimana proses olahan kopi dan cokelat ini.

Kegiatan ini ditutup dengan makan cokelat bersama yang dibuat oleh para siswa/siswi SMKN- PP Jambi  dengan seluruh siswa, dan guru pendamping.(*) 

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru