email : oerban.com@gmail.com

33.9 C
Jambi City
Senin, September 25, 2023
- Advertisement -

Sri Lanka Mencabut Batas Impor 286 Item saat Krisis Mereda

Populer

Kolombo, Oerban.com – Sri Lanka mencabut pembatasan impor pada 286 item, Kementerian Keuangan mengatakan pada hari Sabtu (10/6/2023). Hal ini merupakan sebuah tanda baru negara Asia Selatan mulai muncul dari krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade.

Pulau di lepas pantai selatan India itu jatuh ke dalam krisis tahun lalu karena cadangan devisanya habis. Pemerintah membatasi impor lebih dari 3.200 item, termasuk makanan laut, elektronik, dan bahkan alat musik.

Kekayaannya telah membaik selama sembilan bulan terakhir karena Sri Lanka mendapatkan bailout $ 2,9 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF), memoderasi inflasi yang pernah melonjak dan memulai membangun kembali cadangan devisanya.

Cadangan cadangan Sri Lanka tumbuh 26% ke level tertinggi 17 bulan di $ 3,5 miliar pada Mei, dibantu oleh pengiriman uang yang lebih kuat dan pendapatan pariwisata. Mata uang telah meningkat sekitar 24% tahun ini, data bank sentral menunjukkan.

“Dengan ekonomi yang stabil, pembatasan impor pada 286 item telah dicabut mulai Jumat tengah malam,” kata Kementerian Keuangan dalam sebuah pernyataan.

Pembatasan pada 928 item akan terus berlanjut, termasuk impor kendaraan, yang dilarang pada Maret 2020, demikian ungkap pernyataan itu.

Berbagai macam item dari gerbong kereta api hingga penerima siaran radio termasuk dalam daftar terbaru yang dirilis dari pembatasan.

Sri Lanka juga akan memangkas harga 60 obat esensial sebesar 16% mulai minggu ini.

Terlepas dari meredanya krisis, negara itu masih perlu menyelesaikan pembicaraan utang dengan kreditur pada bulan September, pada waktunya untuk tinjauan program IMF pertamanya, dan menerapkan reformasi ekonomi utama untuk menempatkan pemulihannya pada jalur yang berkelanjutan.

IMF memperkirakan ekonomi Sri Lanka menyusut sekitar 3% tahun ini setelah kontraksi 7,8% tahun lalu, tetapi pemerintah memperkirakan kembalinya pertumbuhan tahun depan.

Baca juga  Inflasi Harga Konsumen China Naik, Pertumbuhan Harga Pabrik Melambat

Sumber: Daily Sabah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru