email : oerban.com@gmail.com

32.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Terus Tingkatkan Kualitas SDM Pertanian, Kementan Selenggarakan 2 Pelatihan sekaligus di Kabupaten Solok Selatan

Populer

renilda pratiwi yolandinihttps://www.oerban.com
Renilda Pratiwi Yolandini merupakan FinMartEd (Finansial, Marketing, dan Editor) di Oerbanesia. sedang menempuh pendidikan di FKIP UNJA (S1) dan mulai tergabung di Oerbanesia pada tahun 2018.

Solok Selatan, Oerban.com – Pengeloaan sumber daya manusia pertanian dalam menunjang kedaulatan pangan perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan sumber daya manusia merupakan ujung tombak Pembangunan Pertanian.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi bekerjasama dengan Dinas Pertanian Solok Selatan dalam melaksanakan kegiatan pelatihan teknis bagi Aparatur Angkatan XVI ( pemeliharaan ternak sapi secara sehat) dan pelatihan bagi non aparatur Angkatan XIX (Integrasi sapi dengan jagung dan kopi) yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 24-26 Juni 2021.

Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 24 sampai dengan 26 Juni 2021 ini berlokasi di kecamatan sangir kabupaten solok selatan. diikuti oleh masing-masing peserta 30 peserta.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) memberi instruksi kepada seluruh UPT untuk dapat berperan aktif di tengah pandemi ini sesuai dengan tupoksinya yaitu peningkatan kompetensi SDM pertanian, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan. Untuk mewujudkan pertanian yang maju mandiri dan modern sebagaimana tujuan pembangunan pertanian saat ini, maka dibutuhkan SDM pertanian yang kompeten dan berdaya saing sebagai kunci utama pembangunan pertanian, tegas Dedi.

Baca juga  Dukung Program Food Estate, Kota Subulussalam Pacu Kualitas SDM Pertanian

Kepala Dinas Pertanian Solak selatan yang diwakili oleh kabid Vera Septarina, SP, MP dalam arahan sekaligus membuka secara resmi mengucapkan terima kasih telah menempatkan kegiatan pelatihan yang sesuai dengan salah satu program pemerintah kabupaten solok selatan yaitu pemberdayan petani/peternak satu keluarga satu ternak harapannya setelah mengikuti pelatihan ini baik petani/peternak dan penyuluh dapat mengapilikasikan diwilayahnya masing – masing sehingga diharapkan penyuluh dan petani dapat bekerjasama untuk membangun SDM Pertanian menuju kesejahteraan petani/peternak, jelas vera

Sementara itu, Hidayat, SE, MM yang mewakili Bapeltan Jambi mengatakan Kegiatan Balai Pelatihan Pertanian Jambi mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi covid salah satunya dengan peningkatan SDM Pertanian melalui pelatihan teknis aparatur dan non aparatur Kegiatan pelatihan ini juga mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan khususnya ternak melalui program pengembangan food estate khususnya Kabupaten Solok Selatan dan Indonesia secara umum. Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapakn Balai Pelatihan Pertanian Jambi dan Dinas Pertanian Kab. Solok Selatan bersama – sama penyuluh dan petani membangun SDM Pertanian, tutur Hidayat

Baca juga  Bapeltan Jambi Terus Bergerak Mencari Petani Millenial di Kabupaten Solok

Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) kepada seluruh UPT untuk dapat berperan aktif di tengah pandemi ini sesuai dengan tupoksi yaitu peningkatan kompetensi SDM pertanian, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan. Untuk mewujudkan pertanian yang maju mandiri dan modern sebagaimana tujuan pembangunan pertanian saat ini, maka dibutuhkan SDM pertanian yang kompeten dan berdaya saing sebagai kunci utama pembangunan pertanian. Hal ini yang selalu ditegaskan oleh Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi pada setiap kesempatan kepada jajarannya.

Baca juga  Petani Rohil Ini Ungkap Alasan Alih Fungsi Lahan Kebun Sawit Menjadi Tanaman Hortikultura

Penulis: Puji Lestari

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru