email : [email protected]

25.6 C
Jambi City
Sabtu, Maret 2, 2024
- Advertisement -

Tingkatkan Reputasi Akademik, Prodi Peternakan UNJA Laksanakan Akreditasi Internasional

Populer

Muaro Jambi, Oerban.com – Universitas Jambi (UNJA) secara gigih meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengikuti proses akreditasi internasional pada Program Studi (Prodi) Peternakan di Fakultas Peternakan (FAPET). Badan Akreditasi Program Studi Teknik, Informatika, IPA, dan Matematika (ASIIN) dari Jerman secara langsung menilai program ini selama dua hari, yakni 25-26 Januari 2024, di Ruang Rapat Senat Balairung UNJA Mendalo.

Akreditasi melibatkan tokoh terkemuka dunia akademis, seperti Prof. Dr. Mathias Gaul dari University Bozen-Bolzano, Christian Gruber, Peer-Reviewer Akreditasi Program ASIIN, Prof. Asmuddin Natsir dari Universitas Hasanudin, dan Rifata Aunian dari IPB Bogor.

Akreditasi dimulai dengan presentasi menyeluruh data yang dievaluasi oleh ASIIN. Dilanjutkan dengan forum diskusi mendalam untuk menggali data spesifik guna memperoleh informasi akurat mengenai kemajuan dan hasil program peternakan.

Christian Gruber dari ASIIN menanyakan tentang program CEO untuk mahasiswa penyandang disabilitas. FAPET memastikan rencana komprehensif sejalan dengan komitmen universitas terhadap keberagaman dan penerimaan mahasiswa secara inklusif.

Selanjutnya, FAPET UNJA menunjukkan komitmen nyata melalui pengelolaan finansial signifikan untuk pengembangan program utama dan penelitian terkini. Dana tidak hanya dialokasikan untuk program inti, tetapi juga untuk aspek akademis dan penelitian, menciptakan lingkungan mendukung bagi semua siswa.

Universitas Jambi berambisi mewujudkan misi ini dalam 5 hingga 10 tahun ke depan, dengan target menjadikan UNJA sebagai salah satu yang terkemuka di Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr.Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menekankan bahwa sebagai Prodi tertua, Prodi Peternakan perlu fokus memperoleh akreditasi dari ASIIN untuk mendapatkan pengakuan global.

“Hari ini ASIIN telah mengunjungi Universitas Jambi, sebenarnya bukan hanya hari ini, tetapi mereka sudah berada di Jambi selama 4 hari. Evaluasi dilakukan untuk Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan. Saat ini, fokus untuk mendukung Fakultas Peternakan agar memperoleh akreditasi ASIIN. Mengapa? Karena Prodi Peternakan adalah Program Studi tertua di Universitas Jambi, dan dengan akreditasi Internasional yang diharapkan Program Studi Peternakan dapat diakui secara global,” kata Dr. Teja.

Baca juga  Kontingen OASE UIN Jambi Raih Medali Emas di Olimpiade Sains Nasional 

Akhir presentasi menitikberatkan pada prestasi mahasiswa di luar kampus, melibatkan mereka dalam interaksi aktif dengan masyarakat, partisipasi dalam kegiatan industri, serta membangun hubungan lintas budaya melalui mobilitas internasional.(*)

Editor: Ainun Afifah

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru