email : oerban.com@gmail.com

32.2 C
Jambi City
Jumat, September 24, 2021
- Advertisement -

Tips Membiasakan Makan Sehat Sekeluarga

Populer

Kota Jambi, Oerban.com – Sahabat, apakah kamu tipikal orang yang sangat peduli terhadap kesehatan diri dan keluarga. Jika iya, pilihan makanan di atas meja makan mesti harus sehat dan mencukupi kebutuhan gizi keluarga bukan. Namun, apa jadinya jika salah satu keluarga menolak. 

Nyatanya, pilihan makanan sangat menentukan tingkat kesehatan kita jangka panjang. Hal ini tidak hanya berlaku untuk mereka yang sedang melakukan diet, akan tetapkan juga baik untuk seluruh keluarga. Berikut beberapa tips sederhana agar seluruh anggota keluarga mau mengikuti kebiasaan makan sehat.

Makan sehat tak perlu mahal dan ekstrem

Memulai hidup dengan budaya makanan sehat tidak perlu dibebankan dengan makanan yang mahal dan makan waktu yang banyak. Selain itu, tidak perlu melabeli makanan tertentu dengan larangan keras, untuk diingat, setiap makanan bisa masuk dalam gaya hidup sehat dengan jumlah sedang. Sehingga, yang tidak boleh dilakukan adalah mengkonsumsi secara berlebihan.

Makanan untuk kesehatan, bukan untuk berat badan

Tidak hanya diet yang tidak pantas untuk anak-anak, tetapi mendiskusikan berat badan di depan anak-anak dapat menyebabkan pikiran dan perilaku yang tidak menentu bagi mereka.

Daripada berbicara tentang kandungan kalori atau lemak makanan, fokuslah pada manfaatnya, seperti bagaimana rasanya atau nutrisi yang diberikannya.

Demikian pula, pastikan untuk berbicara dengan anak-anak tentang mencintai tubuh sendiri dan memperlakukannya dengan baik. Bagaimanapun, mendengarkan pembicaraan positif dari orang tua dapat membantu membangun dan mempertahankan citra tubuh yang sehat bagi anak-anak.

Membuat perencanaan makanan yang sederhana

Baca juga  Kandungan dan Manfaat Buah Apel yang Harus Kamu Ketahui

Perencanaan makanan adalah strategi menghemat waktu yang hebat, karena hanya perlu berbelanja bahan makanan sekali atau dua kali selama seminggu. Namun, memutuskan resep mana yang akan dibuat bisa jadi rumit. Akan lebih baik menyediakan menu makanan yang sederhana, atau bahkan menyimpannya di lemari es daripada menghabiskan waktu untuk membuat masakan baru yang rumit.

Jadikan persiapan memasak dan makan bersama sebagai prioritas

Baca juga  YUK SEHAT, CARA JITU MASYARAKAT JEPANG

Untuk dapat membiasakan hidup dengan makanan sehat, persiapkanlah makanan tersebut dengan waktu yang cukup. Selain itu, makan bersama keluarga memiliki banyak manfaat, termasuk mendorong kebiasaan makan yang lebih sehat, meningkatkan ikatan, dan membantu perkembangan sosial dan emosional. 

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari keluarga yang makan bersama cenderung makan lebih sedikit makanan cepat saji dan lebih banyak buah dan sayur. Selain itu dapat pula memasukkan jenis buah dan sayur lebih banyak, sehingga saat makan bersama menjadi tergugah, hal ini juga dapat diberlakukan sebagai pengganti makanan ringan cepat saji.

Artikel ini disarikan dari healthline.com

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru