THE NUN, CONJURING MENYERAMKAN

oleh

Oerban.comThe Nun adalah serial conjuring terbaru. Proses pembuatan film Conjuring yang luar biasa melelahkan dimana menciptakan backstory untuk biarawati Marilyn Manson yang menyeramkan. (Apakah Manson lupa untuk merek dagang gambarnya? Atau apakah dia mendapatkan royalti?) Ini juga tumpang tindih dengan film Annabelle – mungkin mencoba untuk menciptakan sesuatu seperti kisah Marvel Cinematic Universe.

Bagaimanapun, The Nun membawa kembali karakter singkat Ed dan Lorraine Warren, penyelidik paranormal kehidupan nyata yang terkait dengan kasus Amityville, diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga. Ini diatur setelah perang dunia kedua; pahlawan wanita adalah biarawati yang dilatih, dimainkan oleh adik perempuan Vera Farmiga, Taissa. Kemiripan itu mencolok, dan mungkin kita harus percaya bahwa ini adalah diri Lorraine yang lebih muda, sebelum nama dan perubahan karier.

Betapapun konyolnya semua itu, The Nun akan bersikeras untuk mengulangi waralaba yang mengklaim berdasarkan kebenaran dokumenter. Pengumuman awal muncul di layar: “Hal berikut terjadi pada tahun 1952.”

Konflik The Nun dimulai dari seorang biarawati, Victoria, yang ditemukan tewas gantung diri. Pastor Burke (Demian Bichir) diutus keuskupan Vatikan untuk menyelidiki insiden yang terjadi di biara tua yang terletak di Rumania. Pastor Burke mengajak Irene (Taissa Farmiga), seorang calon biarawati. Di Rumania, mereka dikawal oleh Frenchie (Jonas Bloquet), pemuda yang pertama kali menemukan mayat suster Victoria.

The Nun yang disutradarai Corin Hardy, tidak sekadar menyoroti misteri kematian Victoria. Pastor Burke memiliki masa lalu yang traumatis. Sebuah insiden dalam pengusiran setan di masa lalu, terus menerornya dan berpengaruh pada investigasi yang tengah dilakukannya. Irene yang belum juga mengambil sumpah sebagai biarawati, membuat penonton bertanya-tanya alasan mengapa ia masih ragu.

Latar belakang Pastor Burke dan sikap gamang Irene, pada akhirnya lebih dominan dibanding sosok The Nun atau Valak itu sendiri. Film yang ceritanya dibuat James Wan dan Gary Dauberman memang memberikan jawaban soal Valak, namun poin ini justru terasa numpang lewat. Tak sebanding dengan ‘nama besar’ yang dimiliki karakter Valak itu sendiri. Jika sebagai iblis yang muncul sekelebat saja di beberapa seri The Conjuring Valak bisa jadi ‘headline’, seharusnya ia bisa lebih perkasa saat dibuatkan film sendiri. Jadwal tayang The Nun telah dimulai sejak 05/09/2018 kemaren. Penasaran? (TIM)

Sumber : theguardian.com