5 CARA ASIK AGAR JATUH CINTA PADA MEMBACA, INI RAHASIANYA

oleh -108 views
Sumber: tirto.id

Oerban.com – Menurut studi UNESCO, hanya 12 dari 1000 orang Indonesia yang suka membaca. Bahkan, sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan minat baca orang Indonesia ada di peringkat 60 dari 61 negara yang di survei. Itu artinya orang Indonesia begitu malas membaca, padahal membaca itu asik dan lebih romantis dari apapun loh. Kan kita hanya berduaan sama buku.

Bagi kamu yang kucing-kucingan setiap kali melihat buku, timbul keinginan untuk membaca tapi takut tidak bisa menamatkan sampai halaman terakhir. 7 tips berikut ini akan membuat kamu bisa merasakan asiknya jatuh cinta pada membaca.

Cari Jenis Bacaan yang Kamu Sukai
Pada situasi percintaan, mula-mula kamu pasti akan melakukan pendekatan terlebih dahulu. Dalam situasi membaca, pendekatan yang harus kamu lakukan adalah dengan cara memilih jenis bacaan apa yang kamu sukai, apakah fiksi atau non fiksi. Jika kamu lebih memilih fiksi seperti novel, maka tugasmu hanya pinang buku itu lalu cintai dia sepenuhnya. Sampai disini, jika kamu berhasil maka pertahankan hubungan rumah tangga membacamu.

Atur Jadwal Khusus
Kalau kamu sudah berhasil di tahap awal, maka tahap selajutnya yang harus kamu lakukan adalah mengatur jadwal khusus. Dalam dunia percintaan, kamu harus memiliki jadwal khusus bersama pasanganmu. Dalam dunia membaca kamu juga harus memiliki dan mengatur jadwal khusus untuk merawat keromantisanmu dengan buku yang kamu baca. Misalnya, kamu memilih waktu pada malam hari sebelum tidur untuk membaca. Walau hanya akan mendapatkan dua halaman, tidak masalah asal dilakukan secara rutin. Bila perlu ditempel di dinding kamarmu agar kamu selalu mengingat jadwal kencan khususmu ini. Tahap keduia ini, koitmenmu mulai di tagih. Hubuingan kalian muilai resmi.

Dimanapun Kamu Bawalah DIA
Nah, ditahap ini kamui tidak akan terlihat jomblo lagi karena kamu ada yang menemani kemanapun kamu pergi. Awalnya saya mengira cara ini tidak akan berhasil untuk diterapkan. Membawa buku kemana-mana bakal ribet, penuh-penuhin tas, bakal nganggur bukunya. ‘Ya jangan dianggurin atuh pinangannya’. Atau takut dibilang pamer karena bawa buku kemana-mana. Justru hal seperti ini hanya akan mengkerdilkan hubungan kamu sama buku yang kamu baca, lama-lama kandas. Dengerin ya, caranya begini, saat kamu sedang berada diluar rumah entah itu sedang menunggu orang, mengantri di Bank, atau menunggu angkutan umum, bahkan didalam angkutan umum sekalipun kamu bisa menggunakan waktu sempitmu hanya untuk berduaan bersamanya. Walau hanya dua baris itu lumayan akan menambah daftar bacaanmu. Artinya kamu baru saja menyelamatkan hubunganmu. Ditahap ini, dia butuh pembuktianmu.

Jadikan sebagai Kebutuhan
Selamat kalau kamu berhasil melewati tahap ketiga. Pada tahap ini, kamu harus merubah rasa ingin tahumu dengan cara berbeda. Memang, sekarang ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0, informasi apapun sudah tertuang lengkap didalam internet. Tapi, saya akan memaksa kamu untuk merubah itu semua. Jadikanlah buku ini sebagai tempat kamu menggali informasi. Jadikan pinanganmu itu sebagai kebutuhanmu. Kamu tidak bisa apa-apa tanpa pasanganmu karena dia yang telah melengkapi hidupmu. Misalnya, kamu ingin tahu bagaimana cerita Dylan yang sesungguhnya, maka kamu harus membaca buku Dylan. Mungkin cukup sulit, karena tahap ini memintamu berjuang. Karena untuk cinta harus berjuang. Jika berhasil kamu menang.

Pinjam Dong Kalau Beli Mahal
Tahap ini memberimu pilihan. Jangan biasakan kamu beralasan untuk tidak mau membaca buku karena tidak punya bukunya atau mahal untuk membelinya. Di dunia ini kamu tidak sendirian loh. Datangi rumah mereka yang kamu anggap dia memiliki banyak buku dan hobi membaca. Tidak ada alasan untuk kamu tidak membaca.

Itu tips supaya kamu bisa jatuh cinta pada membaca. Jika semua tahapnya kamu lalui dan berhasil, maka kamu memenangkan cinta yang kamu perjuangkan. Kubcinya tetap menjaga semangat. Semoga tips ini bermafaat buat kamu.

Penulis: Dewi Pratiwi Sukma
Editor : Renilda Pratiwi Yolandini