7 BAGIAN TUBUH YANG SERING DIBERSIHKAN DENGAN CARA YANG SALAH

oleh

Oerban.com – Setiap orang wajib memelihara kebersihan tubuh. Tetapi banyak orang hanya membersihkan beberapa bagian di tubuhnya dengan cara seadanya, bahkan salah. Sehingga kotoran pun masih melekat yang dapat menumbuhkan bakteri dan jamur.

Pada Laman Reader’s Diggest menyebutkan tujuh bagian tubuh yang sering dibersihkan dengan cara yang salah.

Tangan
Setelah selesai menyiapkan ataupun sebelum menyiapkan makanan, kita wajib mencuci tangan. Hal ini kita lakukan demi menghindari penyebaran kuman pada tubuh. Sayangnya banyak orang yang mencuci tangan dengan cara yang salah sehingga tangan mereka tak terbebas dari kuman.

Menurut Debra Hagberg, Direktur Urusan Klinis PDI Healthcare, menyebutkan bahwa mencuci tangan harus menggunakan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. ”Riset dari Michigan State University tahun 2013 mengungkapkan hanya lima persen dari 3.749 orang yang memakai toilet umum melakukan cuci tangan cukup lama untuk membunuh kuman” kata Dr hagbergh.

Malas mencuci tangan dapat menyebabkan timbulnya penyakit dan meningkatkan penyebaran kuman.

Wajah
Melakukan perawatan wajah yang mewah, seperti masker dan facial yang mahal di salon ternama adalah usaha yang baik untuk merawat kebersihan wajah.
Adam Perlman, ahli kesehatan dan kesejahteraan integratif di Duke University, seseorang bisa berlebihan memakai produk hingga mengakibatkan kerusakan di kulit wajah. ”tisu pembersih, baik untuk tubuh atau wajah”, tisu hanya bisa dipakai untuk keadaan darurat. Ia mengatakan, penumpukan sisa sabun, terutama dibawah dagu, dapat menyebabkan jerawat.

Kulit Kepala
Meski rutin mencuci rambut, pada bagian tertentu kulit kepala kita belum tentu terjamin kebersihannya. Dr. Prystowsky menyarankan agar kita menggunakan bantalan jari – jemari untuk memijat kulit kepala selama pembersihan rambut daripada memakai kuku. Cara ini dapat melindungi dari iritasi.

Gigi
Menurut Bill Dorfman, Dokter gigi Kosmetik, menyikat gigi hanyalah sebagian cara untuk menjamin kebersihan gigi. Ia menyatakan banyak orang yang menyikat gigi dengan cara yang salah. “cara menyikat gigi terbaik adalah menyikat dengan posisi sikat pada 45 derajat dari gigi, tepat dimana gigi bersentuhan dengan sisa makanan,” ungkapnya.

Telinga
Telinga juga menjadi area tubuh yang wajib dijaga kebersihannya. ”Saat ingin mengeluarkan kotoran telinga, kita pasti memakai cotton bud,”
Untuk membersihkannya, ia menganjurkan untuk memakai tetes penghilang kotoran telinga secara alami.

/Kaki
Dr. Pinker menyarankan kita agar mengeringkan kaki seusai mandi, termasuk sela – sela jari.
Pusar
Untuk menjaga kebersihan pusar, kita cukup membasuhnya dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat dan sabun. (RPY)

Dikutip dari www.kompas.com