email : oerban.com@gmail.com

24.5 C
Jambi City
Sabtu, Februari 27, 2021
- Advertisement -

9 Cara Menjaga Otak Agar Tetap Sehat

Populer

Amerika Serikat, oerban.com – Otak merupakan bagian organ tubuh yang penting pada diri manusia. Kerja otak mempengaruhi kinerja organ yang lain. Menjaga kesehatan otak merupakan sebuah upaya penting untuk menjaga diri secara keseluruhan. Adalah Dr. Sanjay Gupta, seorang ahli beda saraf sekaligus koresponden CNN Amerika yang mengatakan bahwa pada dasarnya, apa yang harus dilakukan dengan tubuh, makanan, dan energi mental — untuk menjaga otak tetap tajam. Dia juga telah banyak menulis dan menemukan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kerusakan otak. Berikut 9 cara menjaga agar otak tetap sehat yang ia rekomendasikan, diantaranya :

 Pikirkan ketidakaktifan sebagai penyakit

Dalam sebuah wawancara, Dr. Gupta mengatakan “Setiap kali saya akan duduk, saya bertanya pada diri sendiri: Apakah saya perlu duduk sekarang?” Kata Dr. Gupta. “Itu mungkin lebih bermanfaat dalam hal manfaat gerakan di otak daripada pergi ke gym. Saya tidak memiliki kursi di kantor saya. ” Jika Anda dapat berdiri atau berjalan selama rapat, panggilan telepon, dan aktivitas lainnya, lakukanlah. Pikirkan ketidakaktifan sebagai penyakit daripada bekerja sebagai obatnya, katanya.

 Olahraga

Olahraga meningkatkan aliran darah ke otak, meredakan peradangan, dan mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru. Kita membutuhkan setidaknya 150 menit seminggu. “Di mana pun saya berada, saya memiliki sepatu lari, pakaian renang, dan tali pengikat,” kata Dr. Gupta sediakan alat seperti barang berat untuk berlatih di tempat biasa ia menghabiskan waktu.

 Berjalan, bicara, curhat

Baca juga  6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Berjalan-jalan lah dengan seorang teman dan bicarakan masalah Anda. Ini adalah trifecta otak: bergerak, bersosialisasi, dan melepaskan stres. “Melakukan tiga hal itu akhirnya mendetoksifikasi otak Anda secara terukur,” kata Dr. Gupta. “Dulu saya berlatih sangat menyendiri, tetapi lebih banyak berjalan dengan teman benar-benar mengubah kesehatan otak saya. Saya bisa merasakannya.”

Isi diri Anda dengan benar untuk fokus yang lebih baik

Baca juga  DEPRESI DAN TINGKAT BUNUH DIRI YANG TINGGI PADA REMAJA PEREMPUAN

Untuk melindungi otak , kita perlu mengontrol gula darah. Gula yang berlebihan bisa menjadi racun, menyebabkan neuron mati dan mungkin memicu penurunan kognitif. Dr. Gupta mengalami hal ini secara langsung saat dia mengurangi gula tambahan dari dietnya selama 60 Menit dan melihat “hari kognitif” (berapa lama Anda bisa produktif) meningkat.

Dia menyarankan mengkonsumsi makanan ini secara teratur :

  1. Sayuran segar, terutama sayuran berdaun hijau
  2. Berry utuh
  3. Ikan dan makanan laut lainnya (tapi tidak digoreng)
  4. Lemak sehat, seperti minyak zaitun extra virgin, alpukat, telur utuh, kacang dan biji-bijian

Minum bukan makan

Kita sering salah mengartikan haus sebagai kelaparan,” kata Dr. Gupta. “Bahkan dehidrasi dalam jumlah sedang dapat menguras energi dan ritme otak Anda.” Bagaimanapun, otak Anda pada dasarnya terbuat dari air, dan hanya 2 persen dehidrasi yang memiliki dampak terukur pada memori, kecepatan pemrosesan, dan pemikiran analitis. Dr. Gupta membawa botol air berukuran 60 ons dan berencana menghabiskannya setiap hari.

 Luangkan waktu bersama teman-teman 

“Saya melihat kegiatan sosial dan hal-hal seperti itu sebagai kesenangan dalam sebagian besar hidup saya,” kata Dr. Gupta. Tidak lagi. Sekarang dia memprioritaskan mereka: Rumahnya seperti Grand Central untuk teman-temannya, teman istrinya, plus teman ketiga putrinya dan orang tua mereka. “Saya menghabiskan waktu dengan orang-orang. Saya menemukan — yang benar-benar melibatkan semua bagian otak — dan saya menemukan tujuan saya di sana juga dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang, memahami kehidupan mereka dan membiarkan mereka masuk ke dalam hidup saya. ” Penelitian menunjukkan bahwa individu dengan jaringan sosial yang besar lebih terlindungi dari penurunan kognitif yang terkait dengan Alzheimer daripada mereka yang memiliki jaringan yang lebih kecil.

Coba metode gelembung

Baca juga  TAK MAU PAKAI MASKER, WANITA 24 TERJANGKIT VIRUS CORONA
Baca juga  PUASA BAGI PENDERITA MAAG

Dr. Gupta mempraktikkan meditasi analitik, teknik yang dia pelajari sendiri. Kita dapat melakukannya dengan mata tertutup, pikirkan tentang masalah yang sedang  coba diselesaikan dan pisahkan dari segala hal lainnya dengan menempatkannya dalam gelembung besar dan jelas. Ini membantu  mengisolasi masalah dari emosi dan menyelesaikannya secara logis, katanya.

Untuk kesehatan otak yang lama, pertahankan ikigai

Ikigai adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti “alasan keberadaan Anda”; ini banyak digunakan di Okinawa, di mana tingkat demensia rendah. Ada kekuatan dalam menempa rasa tujuan, kata Dr. Gupta. “Dari trial and error saya sendiri, terlalu sulit untuk hanya duduk satu hari dan bertanya: Apa tujuan saya?” Dalam meneliti buku barunya, dia biasanya menemukan bahwa tindakan mendahului pikiran. “Itu hanya sebuah aktivitas, sesuatu yang Anda minati, dan melalui itu Anda menemukan tujuan, apakah itu menjadi sukarelawan, pembinaan, musik, menulis, seni.” Dia berkata bahwa dia mendapatkan makna dari membantu orang, baik berbagi informasi medis atau merawat pasien, serta dari keluarga dan teman-temannya.

Sumber : menhealth

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

- Advertisement -

Berita Terbaru