email : oerban.com@gmail.com

22.7 C
Jambi City
Sabtu, Februari 27, 2021
- Advertisement -

Deretan Kulit Buah dan Sayur yang Jarang Diketahui Manfaatnya

Populer

Kota Jambi, oerban.com – Kesehatan merupakan aset yang sangat penting, dengan menjaga kesehatan berarti kita sedang menjaga karunia Tuhan yang tak ternilai. Konsumsi makanan sehat setiap hari merupakan sebuah upaya menjaga kesehatan, kita biasa melakukannya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga. 

Tahukah kamu, ada beberapa jenis buah dan sayur yang kulitnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Kamu mungkin sering mengupas kulit buah atau sayur ini tanpa mempedulikan khasiatnya. Tidak banyak pula orang yang mengetahui hal ini, padahal hampir setiap hari kita menjumpainya di rumah. Berikut daftar kulit buah dan sayur yang memiliki banyak manfaat, diantaranya :

Kulit timun

Sering dikira sayuran, ternyata timun masuk keluarga buah loh. Mentimun termasuk dalam golongan buah dari keluarga Cucurbitaceae. Timun juga dapat dimakan beserta kulitnya. Kulit mentimun mengandung vitamin dan nutrisi yang sama dengan buahnya. Dilansir dari laman doktersehat.com, banyak kandungan kulit timun yang bermanfaat untuk tubuh seperti, meningkatkan hidrasi, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan tulang, menjaga gula darah normal, mengandung antioksidan, menjaga metabolisme, menjaga kesehatan mata, dan bagus untuk kulit.

Kulit wortel

Dikutip dari laman lifestyle.kompas.com Wortel kaya akan polyacetylenes, zat yang saat ini sedang diteliti karena berpotensi membunuh sel kanker dalam uji coba di laboratorium. Zat tersebut juga memiliki kandungan antijamur, antibakteri, serta anti peradangan. Polyacetylenes hanya terdapat di bawah kulit wortel, karenanya sebaiknya konsumsi wortel tanpa dikupas atau dikupas tipis. 

Mengkonsumsi wortel mentah juga sangat dianjurkan loh. Dalam kajian jurus sehat ala Rasulullah, yang disampaikan oleh Dr. Zaidul Akbar, konsumsi wortel mentah akan lebih baik karena tidak mengurangi kandungan asli buah tersebut. Rasa wortel yang manis juga cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

Kulit kentang

Kentang umumnya ditanam di daerah dataran tinggi atau pegunungan, sebagai salah satu sumber karbohidrat, kentang banyak ditemukan dalam berbagai daerah di Indonesia dengan varian masakan yang berbeda pula. Rasa kentang yang empuk dan gurih sering menjadi teman dalam masakan tertentu. 

Kentang yang tidak dikupas memiliki lebih banyak serat, zat besi, serta folat, dibandingkan kentang yang telah dikupas kulitnya. Jenis kentang yang berwarna ungu bahkan memiliki lebih banyak antioksidan di kulitnya.

Kulit terung

Kulit terung mengandung antioksidan yang disebut nasunin. Dalam penelitian, antioksidan tersebut penting untuk menjaga kesehatan jaringan otak.

Dalam proses pengolahannya, terung biasanya diolah untuk lauk makan seperti sayur atau olahan bersantan. Terung juga memiliki beragam bentuk mulai dari bulat kecil, bulat memanjang, panjang, hingga bulat lebar. Warnanya pun umumnya ada dua, hijau dan ungu.

Kulit lobak

Meski jarang dijumpai di berbagai masakan orang-orang Indonesia, lobak ternyata juga memiliki banyak manfaat, hal itu juga terdapat dalam kulitnya.  kulit lobak terdapat banyak serat, magnesium, ribovlafin, vitamin b dan kalsium.

Nah itulah, beberapa kulit sayur dan buah yang ternyata memiliki beragam manfaat untuk tubuh kita. Cobalah sesekali mengkonsumsi buah atau sayur tersebut tanpa membuang kulitnya agar manfaat yang terdapat dalam kulit buah atau sayur tersebut dapat kamu rasakan.

Editor : Renilda Pratiwi

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Berita Terbaru