email : [email protected]

33.2 C
Jambi City
Selasa, Mei 21, 2024
- Advertisement -

Air Nabeez, Minuman Favorit saat Ramadan

Populer

Oerban.com – Air nabeez adalah air rendaman kurma yang didiamkan beberapa waktu. Meski terlihat sama seperti infused water, air nabeez memiliki prinsip ‘intibadz‘ yaitu proses perubahan senyawa yang dibiarkan terlalu lama. Namun demikian, Nabeez berbeda dengan khamer karena nabeez dikonsumsi sebelum ia menjadi khamer. Maka dengan itu, nabeez bolehlah dikonsumsi dan tidak haram.

Air nabeez adalah minuman populer ketika Ramadan. Sebagian orang meminumnya untuk berbuka puasa dan saat sahur. Bahkan ia juga menjadi minuman favorit Rasulullah sebagaimana disebutkan dalam beberapa hadits.

Dari Aisyah ia berkata, “Kami biasa membuat perasaan untuk Rasulullah Saw di dalam air minum yang bertali di atasnya. Kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (HR Muslim).

Dilansir dari Alodokter, air nabeez memiliki banyak khasiat, di antaranya ialah dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, meningkatkan energi, melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, serta mencegah berbagai penyakit. Selain itu, kurma yang merupakan bahan dari nabeez juga mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Kandungan tersebut juga bisa mengurangi peradangan, membantu meredakan iritasi di lambung, dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, mulai dari diabetes, degenerasi makula, hingga kanker.

Berikut cara membuat air nabeez yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Siapkan bahan berupa kurma dan air minum.
  2. Ambil 3-5 biji kurma atau lebih (disunnahkan berjumlah ganjil) kemudian masing-masing kurma dipotong menjadi empat bagian dan pisahkan dari bijinya.
  3. Masukkan daging kurma yang telah dipotong tersebut ke dalam segelas air.
  4. Tutup air kurma dan biarkan selama 8 jam atau sebelum 3 hari.
  5. Saring air kurma yang telah didiamkan beberapa waktu dan sajikan.
Baca juga  Wagub Sani: Pemprov Terus Usaha Agar Kebutuhan Pokok Tersedia dan Tidak Naik Signifikan

Demikianlah cara membuat air nabeez. Apabila dibuat saat berpuasa, raciklah nabeez pada malam hari kemudian minum saat sahur atau raciklah saat sahur kemudian minum saat berbuka. Selamat mencoba.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Artikel Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Berita Terbaru